13 Cara mudah membersihkan gelas blender jadi kinclong, ampuh pakai bahan rumahan

Brilio.net - Blender merupakan salah satu peralatan memasak yang biasa dipakai untuk menghaluskan bumbu. Dengan alat ini, proses memasak jadi lebih cepat karena tak perlu mengulek bumbu secara manual. Tapi tak jarang sisa-sisa bumbu masih kerap menempel di bagian dalam gelas blender, seperti noda kunyit.

Blender yang sering dipakai untuk menghaluskan kunyit lama-kelamaan akan berwarna kekuningan. Hal tersebut lantaran noda bekas kunyit yang sudah menempel di gelas blender cenderung sulit dibersihkan meski sudah dicuci dengan sabun dan air. Sebagai solusinya, sejumlah orang pun memilih merendam gelas dengan bahan tambahan, seperti baking soda, pasta gigi, hingga cairan pemutih.

Nah buat kamu yang mengalami permasalahan serupa, yuk intip 13 cara mudah membersihkan gelas blender pakai bahan rumahan yang dirangkum BrilioFood pada Jumat (10/5).

1. Dicuci pakai baking soda, pasta gigi, dan air hangat.

foto: YouTube/Dewiwitt

Kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube Dewiwitt. Dia mengaku punya trik jitu untuk menghilangkan noda kunyit di blender miliknya. Cukup menambahkan 1 bahan dapur, noda tersebut benar-benar luntur. Bahan dapur yang digunakan adalah baking soda. Selain itu, dia juga menggunakan air hangat dan pasta gigi sebagai bahan pembersih.

Tahapan untuk membersihkannya juga cukup mudah. Pertama, siapkan blender yang akan dicuci. Siapkan juga pasta gigi, baking soda, air hangat, dan sikat gigi. Jika sudah, oleskan pasta gigi ke blender yang dipenuhi noda kunyit, lalu digosok pakai sikat gigi secara merata ke seluruh permukaan blender.

"Sesekali celupkan sikat gigi ke air hangat," ujar pengguna YouTube tersebut.

Pengguna YouTube tersebut juga menggosok pisau blender dengan pasta gigi. Setelah disikat beberapa saat, blender direndam sebentar di air hangat.

"Kalau dirasa gosok-gosoknya sudah merata, kita rendam di air hangat terus kasih soda kue sedikit aja," ungkapnya.

Jika sudah diberi taburan baking soda, gosok kembali blender sampai bersih dan nodanya luruh. Selanjutnya, bilas blender dan hasilnya sudah mulai terlihat cerah. Namun pengguna YouTube tersebut kembali menggosok blender agar hasilnya benar-benar bersih.

"Tapi di sini aku coba gosok lagi karena masih ada noda kuning yang tersisa," tambahnya.

Selanjutnya, bilas blender dengan air hangat dan dilanjutkan dengan membilasnya pakai air mengalir. Jika sudah, keringkan blender dengan kain lap yang bersih.

2. Dicuci pakai detergen bubuk.

foto: TikTok/@yuyun.s22

Jika kamu ingin membersihkan noda kunyit di blender dengan lebih cepat, trik dari pengguna TikTok @yuyun.s22 bisa kamu lakukan. Dia mengaku hanya menggunakan satu bahan untuk membersihkan blender yang kuning karena terkena noda kunyit. Bahan yang digunakan adalah detergen bubuk.

Nah, cara pakainya, langsung masukkan detergen bubuk ini ke dalam blender yang terkena noda kunyit. Lalu tuang air sampai terendam. Jika sudah, rendam sebentar saja.

Setelah beberapa menit direndam, air rendaman blender akan berubah kemerahan. Jika sudah begitu, segera buang air rendaman. Lalu tambahkan lagi detergen bubuknya. Setelah itu, gosok-gosok menggunakan spons hingga bersih.

"Lakukan langsung pada blender yang selesai dipakai. Jangan tunggu besok-besok, biar bekas kunyitnya nggak telanjur menempel," terang TikTok @yuyun.s22.

Jika blender sudah dirasa bersih, bilas di bawah air mengalir. Pastikan aroma detergen benar-benar hilang dan blender tidak licin, ya. Nah, untuk hasil maksimal, cuci lagi blender dengan sabun cuci piring atau rendam menggunakan air panas. Dengan begitu, residu detergen akan semakin hilang dan blender lebih aman digunakan lagi untuk menghaluskan berbagai macam bumbu dan bahan makanan.

3. Dicuci pakai pasta gigi dan garam.

foto: YouTube/Amnaifa Channel

Untuk membersihkannya, warganet ini punya cara yang mudah ditiru. Apalagi bahan-bahan pembersih yang digunakan, yakni pasta gigi dan garam dijual di pasaran dengan harga murah. Iya pasta gigi dijual dengan harga Rp6.000, sedangkan untuk garam harganya hanya Rp3.000. Meski total harganya Rp9.000, namun karena kedua bahan ini hanya digunakan dalam takaran sedikit, pengeluaran pun jika dilogika habis sekitar Rp2.000. Sisa bahannya bisa digunakan kembali untuk membersihkan alat dapur lainnya.

Caranya, campur pasta gigi dan garam bersama-sama dalam sebuah wadah.

"Tambahkan air sedikit lalu aduk-aduk kedua bahan sampai tercampur sempurna," ucap pemilik video, YouTube Amnaifa Channel.

Jika sudah, oleskan larutan pembersih yang sudah dibuat ke seluruh permukaan blender. Kalau dinilai sudah merata, diamkan terlebih dahulu blender di suhu ruang selama 1 menit. Hal ini bertujuan agar larutan pembersih bekerja maksimal.

Setelah didiamkan selama 1 menit, gosok blender dengan sikat kawat. Karena sudah diolesi larutan pembersih, noda membandel di blender tampak luntur seketika. Namun yang harus diperhatikan, gosok blender secara perlahan agar tidak meninggalkan goresan, ya.

Terakhir, bilas blender dengan air bersih. Kamu bisa sambil menggosoknya untuk memastikan blender sudah bersih maksimal.