Tak cuma kentang, ini trik hilangkan kerutan dan garis halus di wajah pakai tambahan 2 bahan dapur

Brilio.net - Ada berbagai tanda penuaan kulit yang muncul saat seseorang berusia di atas 40 tahun. Pasalnya pada usia ini, produksi kolagen di kulit juga mengalami penurunan, sehingga kulit rentan mengendur, muncul keriput, garis halus, kerutan, hingga flek hitam.

Meski begitu, nyatanya banyak orang yang mengharapkan wajahnya tetap kencang dan awet muda meski berusia lanjut. Namun sayangnya, tak sedikit orang yang masih mengabaikan kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Misalnya, membiarkan wajahnya kering dan terlalu lama terpapar polusi serta sinar matahari tanpa perlindungan.

Oleh sebab itu, wajah akan rusak dan rentan mengalami berbagai tanda penuaan. Tak hanya faktor kulit kering dan paparan sinar matahari saja bisa memicu kerutan dan garis halus. Efek stres, perubahan hormon, jarang melakukan eksfoliasi kulit, dan tidak menggunakan tabir surya atau skincare, dapat mempercepat penuaan di wajah.

Munculnya kerutan dan garis halus di wajah ini bisa terjadi ketika kulit kehilangan elastisitasnya, serta tidak dapat lagi mempertahankan bentuk dan tekstur wajah seperti sebelumnya. Ini karena komponen elastin pada jaringan kulit juga mengalami penurunan. Tak hanya itu saja, regenerasi kulit juga mulai melambat dan membuat kulit kesulitan memperbaiki diri.

Nah, jika kamu salah satu orang yang mengalami kondisi ini, tak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan berbagai cara. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare antiaging, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai perawatan rutin.

Bahan-bahan alami nyatanya tak kalah efektif dari perawatan dan skincare yang menguras dompet. Kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @desikitchenette2023, yang memakai kentang, tepung beras, dan lemon sebagai bahan dasar untuk merawat kulit.

3 Bahan hilangkan kerutan dan garis halus di wajah
© 2024 TikTok/@desikitchenette2023

Kandungan kentang untuk mengatasi kerutan dan garis halus di wajah.

Kentang mengandung protein, serat, gula, vitamin C, vitamin B6, vitamin K dan potasium yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Selain dikonsumsi, kentang juga bisa diolah menjadi masker wajah. Umbi-umbian ini kaya akan kandungan enzim katekolase yang dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Berbagai kandungan aktif dalam kentang tersebut juga berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit. Tak heran jika bahan alami ini mampu mengatasi kerutan dan garis halus di wajah.