Tanpa treatment whitening, wanita ini bagikan cara putihkan gigi menguning cuma pakai 2 jenis buah

Brilio.net - Kondisi gigi yang tampak menguning, berkarang, hingga napas yang kurang sedap adalah hal yang umum dialami oleh kebanyakan orang. Perubahan warna pada gigi biasanya berlangsung secara perlahan dan terkadang tak disadari. Meskipun pada dasarnya warna gigi asli tidaklah putih pekat, melainkan berwarna putih gading.

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi, seperti konsumsi kopi dan teh yang terlalu sering. Tidak hanya itu, gaya hidup yang tidak sehat, seperti nikotin dalam rokok juga bisa bisa mempercepat gigi menjadi kuning. Sementara itu, terdapat faktor lain seperti genetik, penuaan, penggunaan obat-obatan, dan kurangnya menjaga kebersihan gigi juga menjadi penyebab gigi berubah jadi tampak menguning.

Seperti yang dikutip dari laman Healthline, banyak faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan kehilangan kilau putihnya. Makanan tertentu dapat menodai email gigi, yang merupakan lapisan terluar gigi. Selain itu, penumpukan plak pada gigi juga dapat menyebabkan gigi tampak kuning serta berkarang.

Plak sendiri merupakan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi dengan tekstur lengket yang berwarna kekuningan. Plak ini juga lah yang dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap dan munculnya karang gigi. Biasanya plak gigi ini muncul akibat jarang menyikat gigi, sehingga sisa makanan akan menempel di permukaan gigi.

Kondisi gigi yang menguning ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara. Mulai dari membersihkan gigi secara rutin, menghindari makanan dan minuman yang memiliki potensi mengubah warna gigi, hingga melakukan perawatan treatment whitening di dokter gigi. Treatment whitening memang efektif untuk memutihkan gigi yang tampak menguning, namun perawatan ini perlu merogoh kocek yang cukup dalam.

Tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh seorang wanita melalui akun TikTok pribadinya @ginajeannetteofficial, yang justru memakai 2 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah kiwi dan mentimun. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu baking soda.

foto: TikTok/@ginajeannetteofficial

Kandungan kiwi untuk mengatasi gigi kuning.

Buah kiwi memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, bukan rahasia lagi jika kiwi kaya akan kandungan vitamin C yang dapat mencegah peradangan pada mulut. Bahkan kiwi juga kaya akan kandungan kalsium yang penting untuk menjaga kekuatan gigi. Kandungan serat yang terdapat dalam kiwi dipercaya efektif untuk mencegah kerusakan gigi dan meminimalkan risiko kemunculan plak dan warna kuning pada gigi.

Manfaat mentimun untuk mengikis plak penyebab gigi kuning.

Tak hanya kiwi, mentimun juga bisa membantu meningkatkan kesehatan mulut. Tak hanya itu, manfaat timun juga dapat menyehatkan gusi dan meningkatkan produksi saliva. Mentimun mampu menghilangkan partikel makanan yang menempel di permukaan gigi, serta bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan perubahan warna gigi. Kandungan yang ada di mentimun pun bisa membantu mengurangi pembentukan karang gigi.