Sudah ditonton 9,1 juta kali, wanita ini bagikan trik angkat komedo di hidung pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Permasalahan kulit wajah tak hanya terbatas pada jerawat, karena ada masalah lain yang juga cukup meresahkan. Sebut saja komedo. Masalah kulit wajah ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam atau putih yang tampak di beberapa area wajah, seperti hidung, dagu, dahi, dan terkadang di pipi.

Selain bikin wajah kusam, bertekstur, dan warnanya tidak merata, komedo juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat meradang. Bukan tanpa alasan, masalah kulit ini terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum yang berlebih, sel kulit mati, dan kotoran (seperti sisa makeup dan hingga debu).

Tak hanya itu, komedo juga bisa muncul akibat beberapa faktor lain, seperti perubahan hormonal, penggunaan produk perawatan kulit yang menyumbat pori-pori, serta ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh akibat terlalu sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak.

Di area wajah, komedo paling sering muncul di bagian hidung. Pasalnya, hidung adalah area T-zone wajah yang memiliki produksi sebum lebih banyak dibandingkan area lain, sehingga lebih mudah mengalami sumbatan pori-pori. Jika tak segera dibersihkan, sumbatan pori-pori tersebut akan berubah menjadi komedo.

Untuk mengatasi masalah komedo, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan. Seperti menjaga kebersihan kulit dengan rajin mencuci wajah secara teratur, menghindari produk yang dapat menyumbat pori-pori, dan menjaga pola makan yang seimbang.