Tanpa urang-aring, ini trik hilangkan uban agar rambut hitam dan lebat pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Salah satu tanda penuaan yang muncul saat seseorang berusia diatas 30 tahun adalah uban. Kondisi ini muncul akibat produksi melanin yang mengalami penurunan, sehingga helaian rambut tumbuh tidak mendapatkan pigmen yang sempurna. Tak heran jika uban memiliki warna putih keabu-abuan.

Mengapa uban dapat muncul di rambut? Hal ini terjadi karena semakin umur bertambah, maka kemampuan rambut dalam memproduksi sel-sel melanosit yang membentuk pigmen warna rambut juga semakin berkurang. Dalam prosesnya, jumlah melanin yang semakin menurun akan membuat warna asli rambut lama-kelaaman memudar.

Kemunculan uban pada dasarnya juga bisa dipercepat oleh banyak faktor. Kebiasaan buruk seperti merokok dan stres, dapat mengalirkan hormon serta zat berbahaya yang merusak folikel rambut, dan menyempitkan saluran nutrisi ke area rambut. Selain itu, konsumsi makanan kurang vitamin juga bisa menganggu regenerasi rambut, sehingga membuat uban muncul lebih cepat sebelum waktunya.

Tak hanya itu saja, uban ternyata juga bisa muncul lebih cepat karena kebiasaan styling rambut. Contohnya penggunaan semir kimia dan terlalu sering melakukan styling menggunakan alat pemanas. Kebiasaan ini akan membuat rambut jadi kering dan rusak, sehingga merusak keratin dan mengganggu produksi melanin.

Tapi tahu nggak sih, kalau kamu sebenarnya bisa memperlambat dan memudarkan uban yang tumbuh di rambut? Ya, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan kandungan dari bahan alami, yang bisa menutrisi rambut agar menunda pertumbuhan uban.

Salah satunya seperti memanfaatkan daun rosemary, sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @asianbeautysarmistha pada Kamis (9/5).

foto: Freepik.com

Kandungan dan manfaat daun rosemary untuk mengatasi uban dan melebatkan rambut.

Daun rosemary (Rosmarinus officinalis) terdiri atas beberapa senyawa bermanfaat bagi rambut, seperti asam ursolic, asam rosmarinic, dan minyak atsiri. Kandungan asam ursolic dapat merangsang produksi melanin, membantu mengembalikan warna asli rambut.