Cara memeriksa penggunaan data iPhone, jadi bisa mengatur rencana pemakaian biar lebih hemat

Techno.id - Di dunia modern, dipastikan kamu akan menggunakan ponsel cerdas untuk berselancar di internet hampir 24 jam setiap saat. Artinya, selama 24 jam dalam seminggu kamu bisa online di mana pun berada. Baik untuk bekerja, sekolah, atau hanya untuk bersenang-senang, ponsel cerdas menjadi sarana bagi untuk mengetahui informasi, menikmati hiburan, dan terhubung dengan orang lain.   

Namun, koneksi yang konstan memiliki konsekuensi, seperti dampaknya terhadap tagihan telepon atau jumlah kuota data yang dibutuhkan setiap bulan. Karena itu, kamu perlu melacak penggunaan data agar bisa menjadi patokan, seberapa besar data yang kamu butuhkan dalam sebulan. 

Pertama, meskipun data selular tidak semahal dulu, biayanya masih cukup mahal, terutama jika kamu mendaftar untuk paket data terbatas (prabayar). Kedua, konsumsi data yang tidak normal dapat mengungkapkan pelanggaran privasi atau izin tidak sah yang dapat membuat iPhone kamu lebih lambat dan lebih rentan terhadap pengurasan baterai.

Ketiga, mengetahui konsumsi data kamu saat ini dapat membantu memutuskan apakah akan hemat biaya untuk memperbarui paket data atau apakah kamu harus mendapatkan eSIM dibanding membeli Wi-Fi portabel saat kamu bepergian.

Apa pun alasannya, menemukan berapa banyak data yang dikonsumsi iPhone dapat memberi kamu pengetahuan tentang cara mengelolanya. Jadi, inilah cara mengetahui berapa banyak data yang telah digunakan iPhone sejauh ini sekaligus mempelajari beberapa tips dan trik untuk menurunkannya.

Cara memeriksa penggunaan data umum iPhone  

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Di iPhone, luncurkan aplikasi Pengaturan, dan ketuk Seluler. Di bawah Data Seluler, periksa nomor di sebelah Periode Saat Ini. Jika ingin memeriksa kapan periode saat ini untuk pelacakan penggunaan data iPhone kamu dimulai, gulir ke bagian bawah layar. Di bawah Statistik Penggunaan Seluler, kamu dapat melihat Pengaturan Ulang Terakhir, yang akan mencantumkan tanggal dan waktu dimulainya periode.

Untuk informasi lebih mendalam tentang aplikasi apa yang menggunakan data, kamu dapat menelusuri bagian Aplikasi menurut Penggunaan. Total konsumsi untuk periode tersebut biasanya akan ditampilkan tepat di bawah nama aplikasi atau di sebelahnya.

Jika kamu menduga bahwa sebagian besar konsumsi data berasal dari Hotspot Pribadi dan kamu ingin tahu perangkat apa yang paling banyak menghabiskan data, ketuk Hotspot Pribadi. Kemudian, kamu dapat meninjau nama perangkat atau alamat MAC untuk melihat apakah ada perangkat yang tidak dikenal yang terdaftar.

Kamu juga dapat mengetuk Layanan Sistem, yang akan merinci berapa banyak data yang telah digunakan setiap fitur. Beberapa fitur yang tercantum di sini akan mencakup pembaruan perangkat lunak, pemberitahuan push, dan layanan pemetaan. Perhatikan bahwa jika kamu telah mencopot pemasangan aplikasi, Apple akan menggabungkan konsumsi datanya dalam periode ini dengan aplikasi lain yang dicopot pemasangannya, sehingga kamu tidak dapat lagi mengaitkan konsumsinya dengan aplikasi tersebut.