6 Cara memperluas kapasitas penyimpanan iPhone sebelum menjadi masalah saat mengunduh aplikasi

Techno.id - Ketika menganggap iPhone kamu berfungsi normal, namun saat mencoba mengunduh aplikasi, lalu muncul notifikasi pop-up “Penyimpanan iPhone Penuh”, mungkin bisa bikin kamu panik. Karena itu ada baiknya kamu mencoba memperluas ruang dengan menghapus file-file yang sebenarnya tidak lagi kamu perlukan.

Namun sebelum kamu melakukannya, langkah pertama adalah melihat apa sebenarnya yang menghabiskan semua ruang di iPhone. Caranya dengan membuka Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone. Kamu akan melihat bilah indikator berkode warna di bagian atas layar.

Ini menunjukkan sekilas berapa banyak ruang yang ditempati aplikasi, foto, pesan, dan media lainnya. Di bawah bilah ini terdapat semua aplikasi, terdaftar dalam urutan menurun dari yang paling besar hingga yang terkecil. Berikut cara mengosongkan ruang di iPhone sebelum menjadi masalah saat kamu mengunduh sesuatu di perangkat.

1. Memindahkan foto dan video ke penyimpanan eksternal

foto: freepik/rawpixel.com

Ada kemungkinan besar aplikasi foto berada di urutan paling atas dalam daftar penggunaan penyimpanan. Salah satu pendekatan yang efektif, jika telaten untuk mengosongkan penyimpanan iPhone adalah dengan membuka aplikasi Foto dan menghapus gambar dan video lama.

Kamu dapat memindahkan semua foto dan video penyimpanan eksternal, yang memungkinkan kamu menghapus media yang disimpan secara lokal. Selain itu kamu juga dapat mendaftar ke layanan digital berbasis cloud seperti Dropbox, Google Foto, atau Microsoft OneDrive dan mengekspor foto kamu di sana.

Ingatlah bahwa meskipun mungkin gratis untuk mendaftar dan menggunakan layanan ini pada awalnya, kamu mungkin perlu meningkatkan ke langganan berbayar jika jumlah media melebihi batasan tingkat bebasnya.

Jika ingin media atau file secara offline, kamu juga dapat menyambungkan ke hard drive eksternal melalui kabel USB-ke-Lightning dan mengekspor media dengan cara itu.

2. Aktifkan iCloud untuk foto

foto: freepik/rawpixel.com

Perangkat Apple sering meminta pengguna mengaktifkan iCloud untuk pengalaman terbaik. Alasannya karena iCloud memungkinkan kamu mengakses data dari semua perangkat Apple. Begitulah cara kamu menyinkronkan foto dari iPhone ke iPad, misalnya.

Fitur lainnya adalah mengaktifkan iCloud yang akan secara otomatis menyimpan versi resolusi tinggi dari foto dan video di penyimpanan cloud hingga kamu ingin mengunduhnya, sedangkan versi resolusi rendah disimpan secara lokal di perangkat. Paling tidak cara ini bisa menghemat ruang penyimpanan. Untuk mengaktifkan iCloud, ketuk Pengaturan > Nama ID Apple Kamu > iCloud Drive, lalu aktifkan Selaraskan iPhone Ini.

Perhatikan bahwa meskipun iCloud adalah jenis layanan penyimpanan cloud, namun tidak akan memulihkan foto yang telah dihapus dari perangkat. Dengan kata lain, saat kamu menghapus gambar di iPhone, kamu juga menghapusnya dari iCloud.

3. Hapus atau bongkar aplikasi yang tidak kamu gunakan

foto: freepik

Setelah memindai daftar aplikasi di iPhone yang menghabiskan paling banyak ruang, kamu mungkin melihat beberapa aplikasi yang jarang digunakan. Ketuk aplikasi yang ingin kamu hapus dan pilih “Hapus aplikasi” atau “Bongkar aplikasi.”

Menghapus aplikasi akan menghapus penyimpanan dan data aplikasi dari ponsel. Sedangkan dengan membongkar aplikasi, bagaimanapun, akan membebaskan ruang penyimpanan tetapi menyimpan datanya, jadi kamu tidak akan kehilangan semua informasi jika ingin mengunduhnya kembali.

Jika memiliki kebiasaan mengunduh aplikasi hanya untuk digunakan sekali dan tidak pernah lagi, kamu dapat mengatur iPhone untuk secara otomatis menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan > App Store, lalu aktifkan Offload Aplikasi yang Tidak Digunakan.