Tanpa produk bleaching, ibu-ibu ini bagikan trik atasi gigi kuning berkarang cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Ada berbagai permasalahan gigi dan mulut yang cukup mengganggu penampilan dan kenyamanan, bahkan kesehatan. Sebut saja gigi kuning, berkarang, plak gigi, caries gigi, radang gusi, hingga infeksi gigi. Namun di antara berbagai permasalahan gigi tersebut, yang paling mudah diamati adalah perubahan warna gigi yang menguning bersama munculnya karang gigi.

Seperti namanya, gigi kuning adalah kondisi saat warna alami gigi berubah jadi lebih kuning. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kebiasaan minum kopi atau teh, malas menyikat gigi, merokok, efek penuaan, mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat, serta penumpukan plak dan karang di gigi.

Karang gigi disebabkan oleh plak yang dihasilkan makanan dan minuman yang menempel di permukaan gigi, sehingga menjadi tempat berkembangnya bakteri. Jika dibiarkan lebih lama, penumpukan bakteri tersebut akan merusak jaringan enamel gigi yang berujung pada kerusakan gigi.

Sementara karang gigi, merupakan plak yang mengeras di gigi. Bahkan bisa terbentuk dari bawah gusi dan menyebabkan infeksi gusi. Kondisi ini menyebabkan gigi terasa sakit dan mudah berdarah. Karang di gigi membuat plak bebas berkembang dan menyebabkan permukaan jadi lebih lengket, sehingga memicu penyakit yang lebih serius seperti radang gusi.

Tidak hanya mengancam kesehatan, gigi yang kuning berkarang juga akan membuat kamu kurang percaya diri. Pasalnya, dapat membuat napas jadi berbau tak sedap serta gigi lebih rapuh. Jika kamu mengalaminya, tak perlu risau. Kamu hanya perlu rajin menyikat gigi dan melakukan perawatan yang tepat, untuk mengatasi gigi kuning dan berkarang.

Salah satu perawatan yang banyak dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah menggunakan produk bleaching gigi. Memang efektif, namun bahan kimia di produk bleaching cukup keras, sehingga rentan merusak enamel gigi. Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan oleh ibu-ibu melalui akun TikTok pribadinya, @nur.indahsaleh. Dalam video itu, konten kreator ini cuma memakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah lemon dan garam.

2 Bahan atasi gigi kuning berkarang
© 2024 TikTok/@nur.indahsaleh

Kandungan lemon untuk memutihkan gigi kuning dan mengikis karang gigi.

Lemon memiliki kandungan asam sangat tinggi, sehingga mampu mengikis bakteri penyebab gigi kuning. Kandungan pH di lemon juga mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi, lho.

2 Bahan atasi gigi kuning berkarang
TikTok/@nur.indahsaleh

Selain itu, kandungan antibakteri di dalamnya berfungsi membunuh bakteri dan membersihkan karang gigi secara alami. Demikian juga kandungan asam yang efektif untuk mengikis noda plak di permukaan gigi.