Bukan pakai airfryer, ini cara goreng ayam lengkuas agar tak meletup dan hemat minyak

Brilio.net - Ada banyak kreasi ayam goreng untuk dibuat di rumah, salah satu yang jadi favorit kebanyakan orang yaitu ayam goreng bumbu lengkuas. Ayam lengkuas ini punya rasa gurih dan aroma wangi yang bikin nagih. Lauk ini cocok banget disantap bareng nasi hangat, sambal, dan sayur lalapan.

Umumnya, cara pembuatan ayam lengkuas ini harus diungkep dulu sebelum digoreng, sehingga bumbunya bisa meresap sampai ke dalam. Lantaran diungkep, otomatis ayam beserta bumbu lengkuasnya cenderung basah dan bisa membuat minyak goreng jadi kotor. Kalau kotor, otomatis jadi nggak bisa menghemat stok minyak di dapur, kan?

Belum lagi, ayam serta bumbu lengkuas yang telah diungkep bisa bikin minyak meletup saat digoreng. Makanya biar minyak goreng tetap bersih dan nggak meletup, sejumlah orang memilih menggoreng ayam lengkuas dengan airfryer. Alat ini memang bisa memasak gorengan tanpa minyak. Namun, nggak semua orang memiliki airfryer di rumah.

Nah, buat kamu yang biasa menggoreng secara manual dengan minyak di rumah, ada trik dari warganet di akun Instagram @indie.radia, nih. Usut punya usut, dengan trik goreng ayam lengkuas ini, minyaknya bisa tetap hemat dan tak meletup saat digunakan untuk menggoreng.