Tak cuma kondisioner, wanita ini bagikan cara atasi rambut kering & kusut pakai tambahan 2 bahan dapur

Brilio.net - Rambut kering umumnya terjadi bila kulit kepala tidak memproduksi cukup minyak untuk melembapkan rambut. Masalah rambut kering ditandai dengan keluhan berupa rambut yang rusak, kusam, tidak berkilau, mudah kusut atau sulit diatur, dan mudah patah sehingga sering kali terlihat seperti rambut rontok saat disisir.

Tak hanya itu saja, rambut kering juga bisa terjadi apabila lapisan pelindung rambut (kutikula) mengalami kerusakan. Jika hal itu terjadi, rambut jadi rentan mengalami kusut. Rambut kusut dan kaku atau juga dikenal dengan sebutan frizzy hair umumnya terjadi ketika rambut mengalami dehidrasi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut kering, seperti penggunaan semir rambut berbahan kimiawi atau bleaching, paparan sinar matahari yang berlebihan, penataan atau styling dengan alat bersuhu panas, diet, hingga faktor alami yakni usia.

Moisturizing adalah kunci untuk mencegah rambut kusut dan terasa kering. Rutinitas perawatan rambut yang kusut dimulai saat mandi. Awali keramas dengan sampo lembut dan melembapkan, dilanjutkan dengan masker rambut atau kondisioner untuk menambah kelembapan ekstra. Setelah mandi, oleskan serum atau essential oil ke rambut basah untuk melindungi rambut dari kusut.

Sebenarnya, kunci dari mengatasi rambut kusut adalah kombinasi produk dan teknik perawatan rambut yang tepat. Jadi, tak cukup hanya pakai kondisioner saja, kamu bisa menambahkan bahan-bahan alami lain untuk menambah manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Seperti yang dibagikan oleh seorang wanita melalui akun TikTok pribadinya @glambehavior. Dia menambahkan 2 bahan dapur diantaranya yaitu kuning telur dan minyak zaitun.

foto: TikTok/@glambehavior bahan

Kandungan kuning telur untuk melembapkan rambut kering dan kusut.

Kuning telur tak hanya enak disantap sebagai makanan, tapi juga bermanfaat untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut. Selain vitamin, mineral, dan protein, telur juga memiliki kandungan lemak, termasuk asam lemak omega-3 dan lesitin. Dikutip dari Mayo Clinic, lemak sehat mampu memberikan hidrasi pada rambut, sehingga membuatnya tetap lembap.

foto: TikTok/@glambehavior kuning telur

Sementara lesitin pada kuning telur bisa membantu melembapkan sekaligus menguatkan rambut. Lesitin ini bertindak sebagai emolien yang membuat rambut terasa halus karena kelembapannya terjaga, sehingga rambut lebih lembut, mudah diatur, dan lebih berkilau.