Tak perlu serum retinol, ini trik pudarkan flek hitam membandel di wajah pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Wajah menjadi bagian tubuh yang rentan mengalami berbagai permasalahan kulit. Beberapa permasalahan kulit wajah yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah jerawat, komedo, kusam, hingga flek hitam. Flek hitam menjadi salah satu kondisi yang cukup meresahkan dan membuat wajah jadi tampak kurang mulus serta kusam.

Kondisi ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam atau kecokelatan di beberapa bagian wajah. Banyak faktor yang menyebabkan munculnya flek hitam. Seperti paparan sinar matahari yang berlebih, proses penuaan, kosmetik, genetik, dan polusi. Semakin sering wajah terpapar sinar matahari tanpa perlindungan seperti penggunaan tabir surya dan topi, maka risiko munculnya flek hitam juga semakin besar.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan. Jika tidak menggunakan tabir surya, maka kulit secara alami akan memproduksi melanin secara berlebihan. Ini merupakan upaya kulit untuk mencegah efek buruk dari sinar matahari.

Melanin menjadi pemicu munculnya bercak atau flek hitam yang ada di permukaan kulit. Kondisi ini juga sering disebut dengan hiperpigmentasi. Jika terus di biarkan, bisa jadi flek hitam akan semakin banyak muncul di bagian wajah yang lain. Bahkan penampilan wajah juga tampak kurang menarik, karena terlihat memiliki warna tidak merata.

Jika kamu salah satu orang yang mengalami masalah ini, tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan serum retinol, hingga penggunaan bahan-bahan alami. Serum wajah dengan kandungan retinol memang efektif untuk memudarkan flek hitam di wajah. Namun sayangnya, tak semua orang cocok menggunakan bahan aktif ini. Tak sedikit yang justru mengalami breakout setelah menggunakannya.

Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Nah, kamu dapat menyimak trik yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @diy_bodycare, yang hanya memakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah kentang dan bubuk kunyit.

foto: TikTok/@diy_bodycare

Kandungan kentang untuk memudarkan flek hitam di wajah.

Kentang sering dijumpai di berbagai jenis hidangan. Namun salah satu jenis umbi-umbian ini juga banyak dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah lho. Pasalnya, bahan alami ini mengandung enzim katekolase yang dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan bintik atau flek hitam akibat paparan sinar matahari.

Tak hanya itu saja, kentang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, seng, potasium, dan fosfor yang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Penggunaan yang rutin akan membuat wajah akan terbebas dari bekas jerawat dan lebih terhidrasi. Selain itu, kentang juga efektif memudarkan hiperpigmentasi pada kulit dengan kandungan asam azelaic-nya.