5 Faktor utama yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli iPhone

Techno.id - Membeli iPhone adalah keputusan besar. Maklum, iPhone adalah perangkat yang cukup mahal. Sebelum kamu membelinya untuk dijadikan daily driver, ada baiknya mempertimbangkan beberapa faktor, termasuk membandingkan dengan ponsel cerdas Android terbaik atau kelas flagship.

Ada beberapa model iPhone yang tersedia di pasaran, terutama setelah kamu mempertimbangkan untuk membeli model yang lebih lama dengan beberapa perbedaan utama, termasuk harga yang bervariasi. Jadi dengan mengingat hal tersebut, berikut adalah lima faktor utama yang harus kamu pertimbangkan saat hendak membeli iPhone.

1. Ukuran layar

foto: freepik/rawpixel.com

Salah satu perbedaan paling mencolok antara banyak iPhone adalah ukuran layarnya. Tetapi jika kamu melihat model terbaru, maka hanya ada tiga ukuran berbeda yang perlu dipertimbangkan. Di kelas teratas, ada iPhone 15 Pro Max dan iPhone 15 Plus, yang memiliki layar 6,7 inci. Itu besar, tapi masih lebih kecil dari beberapa ponsel Android seperti Samsung Galaxy S24 Ultra.

Namun, ini adalah ponsel yang kemungkinan besar harus kamu gunakan dengan dua tangan untuk mengoperasikannya agar nyaman. Ukurannya juga membuatnya besar jika disimpan di saku atau tas. Di sisi lain, layar besar memungkinkan kamu melihat lebih banyak tampilan baik saat menjelajah web, atau mendapatkan tampilan aksi yang lebih besar saat bermain game atau menonton video.

Langkah selanjutnya adalah model 6,1 inci seperti iPhone 15 standar dan iPhone 15 Pro. Ini jauh lebih kecil. Karena itu merupakan pilihan yang lebih baik untuk pengoperasian satu tangan, tetapi kurang menyenangkan untuk menonton video dan sejenisnya. Terakhir, ada iPhone SE 4,7 inci (2022), merupakan ponsel yang sangat mungil. Jika kamu menginginkan ponsel cerdas dengan bezel besar dan layar kecil, maka ini mungkin cocok untuk kamu. Harganya pun lebih murah dibanding iPhone terbaru lainnya.

2. Apakah kamu membutuhkan kamera telefoto?

foto: freepik

Salah satu alasan utama varian ”Pro” untuk model iPhone Pro adalah karena mereka memiliki kamera telefoto, yang tidak dimiliki model standar dan Plus. Semua ponsel ini, selain iPhone SE 2022, memiliki snapper lebar dan ultra lebar. Tetapi jika kamu menginginkan zoom optik, kamu bisa menggunakan varian Pro.

Kemampuan memperbesar secara optik memberi kamu lebih banyak keserbagunaan dalam fotografi, dan sangat berguna jika kamu ingin memotret hewan yang jauh, detail yang tinggi di gedung, atau hal lain yang tidak dapat kamu dekati dengan mudah.

Tetapi jika fitur ini bukan yang sering kamu gunakan atau kamu sama sekali tidak peduli dengan fotografi ponsel cerdas, maka kamera telefoto mungkin tidak diperlukan. Dalam hal ini, kamu berpotensi memilih model non-Pro yang lebih murah.

3. Kecepatan refresh

foto: freepik/jannoon028

Perbedaan besar lainnya antara model Pro dan non-Pro adalah kecepatan refresh. iPhone Pro memiliki kecepatan refresh 120Hz, sedangkan iPhone standar dan Plus hanya memiliki kecepatan refresh 60Hz.

Kecepatan refresh yang lebih rendah membuat pengguliran menjadi kurang mulus. Jadi, jika kamu menggesek email atau menggulir aplikasi, itu akan tampak lebih tajam pada layar 120Hz. 

Jika mengetahui kecepatan refresh penting, pastikan kamu memilih iPhone 120Hz. Jika tidak yakin, ada baiknya memeriksa kecepatan refresh yang dimiliki ponsel kamu saat ini. Jika kamu merasa menggunakan perangkat 60Hz baik-baik saja, mungkin tidak perlu memutakhirkan ke 120Hz.