Tak perlu pasta whitening, wanita ini bagikan trik putihkan gigi kuning kecokelatan pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Walaupun sudah menyikat gigi dengan rutin, ternyata masih banyak orang yang mengalami kondisi gigi tampak menguning, berkarang, bernoda kecokelatan, hingga bau napas tidak sedap. Perubahan warna pada gigi biasanya terjadi secara perlahan dan sering kali tak disadari.

Namun perlu diketahui pada dasarnya warna gigi asli bukanlah putih pekat, melainkan putih gading. Ketika terjadi perubahan warna gigi yang tampak menguning hingga kecokelatan pasti akan sangat terlihat. Bukan tanpa alasan, kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti konsumsi kopi dan teh terlalu sering, serta makanan dengan warna yang pekat dan tinggi gula atau karbohidrat.

Tak hanya itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok juga bisa mempercepat gigi menjadi kuning. Bahkan genetik, penuaan, penggunaan obat-obatan, dan kurangnya menjaga kebersihan gigi juga menjadi penyebab umum gigi mudah menguning dan bernoda kecokelatan.

Seperti dikutip dari Healthline, banyak faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan kehilangan kilau putihnya. Makanan tertentu dapat menodai email gigi, yang merupakan lapisan terluar gigi. Selain itu, penumpukan plak di permukaan gigi juga dapat menyebabkan gigi tampak kuning.

Plak merupakan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi dengan tekstur lengket dan tipis berwarna kekuningan. Plak ini juga yang dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap, noda kecokelatan, dan munculnya karang gigi jika tak segera dibersihkan.

Jangan khawatir, karena kondisi gigi yang menguning ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara. Mulai dari membersihkan gigi secara rutin dengan menggunakan pasta whitening, menghindari makanan dan minuman yang memiliki potensi membuat gigi jadi kuning, hingga memerhatikan asupan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Selain cara tersebut, kamu bisa mengatasi gigi kuning dengan melakukan scalling rutin di dokter gigi atau memanfaatkan bahan-bahan alami. Bahan alami ternyata tak kalah efektif dari pasta whitening jika digunakan secara rutin.