Aroma tak sedap lenyap, 5 bahan makanan ala rekomendasi dokter ini bisa hilangkan bau badan asam

Brilio.net - Bau badan asam tidak sedap menjadi masalah umum yang dialami oleh beberapa orang. Bau badan asam bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri dan membuat interaksi sosial menjadi tidak nyaman. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan bau badan asam ini muncul?

Bau badan asam adalah aroma yang ditimbulkan oleh reaksi antara keringat dan bakteri di permukaan kulit. Sebagai bagian dari proses metabolisme tubuh, keringat yang diproduksi oleh kelenjar keringat mengandung senyawa-senyawa seperti asam lemak dan protein. Bakteri yang hidup di kulit akan memecah senyawa-senyawa tersebut menjadi zat-zat yang berbau tidak sedap, yang kemudian menyebabkan bau badan asam.

bahan makanan hilangkan bau badan asam
YouTube/Saddam Ismail

Selain disebabkan oleh keringat, bau badan asam juga bisa terjadi karena asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Terutama yang mengandung sulfur atau zat-zat kimia tertentu, seperti bawang putih, bawang bombay, atau makanan pedas, dapat memengaruhi aroma keringat seseorang.

Tidak hanya itu, kurangnya kebiasaan membersihkan tubuh secara teratur, terutama pada area yang rentan terhadap keringat seperti ketiak atau lipatan kulit, dapat menjadi faktor lain yang memerparah bau badan asam.

bahan makanan hilangkan bau badan asam
YouTube/Saddam Ismail

Kunci untuk menghilangkan bau badan asam yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kebersihan dengan baik. Kemudian menggunakan parfum ataupun deodoran. Selain itu, kamu juga perlu menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nah, menurut penuturan Dokter Saddam Ismail terdapat beberapa bahan makanan yang bisa mengatasi bau badan asam, sebagai berikut:

"Teman-teman bisa menghilangkan aroma bau badan tak sedap dengan menggunakan beberapa jenis makanan yang bisa bantu hilangkan bau badan," ujar Saddam Ismail dikutip briliobeauty.net dari kanal YouTube Saddam Ismail, Kamis (2/5).