Sudah ditonton 4,1 juta kali, TikToker ini bagikan cara bersihkan komedo di wajah pakai 3 bahan alami

Brilio.net - Komedo adalah salah satu permasalahan wajah yang sama meresahkannya dengan jerawat. Komedo merupakan benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit dan paling sering terjadi di hidung dan area kulit sekitarnya. Komedo sering kali dianggap mengganggu penampilan karena dapat membuat kulit wajah terasa kasar, bertekstur, dan memiliki warna tidak merata.

Sebagai salah satu jenis jerawat, komedo dapat menyebabkan terbentuknya jerawat yang ukurannya lebih besar atau yang juga disebut dengan jerawat meradang. Sehingga, tak heran apabila banyak orang ingin tahu bagaimana cara mengatasi komedo secara efektif.

Masalah kulit wajah ini terjadi akibat adanya penyumbatan pada pori-pori atau folikel rambut. Sumbatan tersebut berasal dari penumpukan minyak, bakteri, atau sel kulit mati yang dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari stres, hormon, hingga penggunaan skincare atau produk makeup yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

Tak hanya itu saja, komedo juga bisa muncul karena kurangnya menjaga kebersihan wajah dengan baik, sehingga berbagai kotoran seperti debu, polusi, dan sisa makeup juga akan menyumbat pori-pori wajah.

Ada berbagai cara yang sebenarnya dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo dari wajahmu. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk penghilang komedo atau yang disebut dengan pore pack, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti halnya yang dibagikan oleh salah satu TikToker melalui akun pribadinya @gabrielagh_, yang sudah ditonton sebanyak 4,1 juta kali. Dalam unggahannya tersebut, ia menggunakan 3 bahan alami untuk menghilangkan komedo di wajahnya. Bahan alami yang dimaksud adalah bubuk kopi, putih telur, dan minyak vitamin E.

foto: TikTok/@gabrielagh_

Kandungan bubuk kopi untuk menghilangkan komedo.

Kopi adalah bahan minuman yang dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati, mengatasi jerawat, hingga menghilangkan komedo. Tak heran jika bahan alami ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kulit. Ini berkat kandungan kafeinnya dapat mengurangi minyak yang menjadi penyebab munculnya komedo. Untuk mengurangi komedo, kamu bisa menggunakan masker kopi hitam pada bagian hidung atau bagian wajah yang berkomedo.

Manfaat putih telur untuk mengangkat kotoran penyebab komedo di wajah.

Putih telur memiliki kandungan enzim lysozyme yang ampuh menghilangkan komedo. Enzim tersebut mampu memusnahkan bakteri penyebab komedo maupun jerawat. Selain itu, putih telur juga dapat menyerap kelebihan minyak dan mengangkat sel-sel kulit mati, debu, hingga kotoran yang menyebabkan sumber munculnya komedo.

Dilansir dari laman medicalnewstoday.com, manfaat masker putih telur dapat mengatasi berbagai masalah kulit wajah, di antaranya adalah mengencangkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo, menyerap minyak berlebih, dan membantu memudarkan bintik dan flek hitam di wajah.