Nggak perlu kunyit dan kopi, ini cara cerahkan lutut hitam cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Selain wajah, bagian tubuh lain juga perlu dirawat agar selalu tampak cerah dan bebas kusam atau gelap. Lutut adalah salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami perubahan warna. Biasanya, lutut akan menghitam dan tampak lebih gelap dari area sekitarnya.

Masalah lutut hitam memang bisa mengganggu penampilan, terlebih untuk kamu yang gemar menggunakan celana pendek atau rok di atas lutut. Meski begitu, kondisi ini sebenarnya adalah hal yang normal.

Beberapa proses alami dari dalam tubuh atau faktor lingkungan bisa menyebabkan lutut berubah gelap dan menghitam. Kondisi ini dapat dialami oleh semua orang, terlepas dari warna kulitnya. Meski begitu, ada banyak orang yang tidak percaya diri karena memiliki lutut hitam, sehingga merasa perlu mencerahkannya.

Kondisi ini bisa terjadi akibat hiperpigmentasi. Yaitu terjadi saat kulit memproduksi melanin berlebihan, yaitu pigmen atau zat yang memberi warna alami pada kulit. Beberapa penyebab terjadinya penggelapan pada lutut di antaranya adalah penumpukan sel kulit mati, terjadinya gesekan atau tekanan berlebih, paparan sinar matahari, hiperpigmentasi pasca inflamasi, hingga kondisi kulit tertentu seperti eksim.

Selain itu, ketika kulit di sekitar lutut cenderung kering, hal ini juga bisa membuatnya terlihat lebih gelap dan kusam. Jika mempunyai lutut hitam dan ingin memutihkannya, kamu bisa melakukan berbagai cara. Mulai dari merawat di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare seperti scrub pemutih atau bleaching, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Bahan alami yang sering digunakan untuk mencerahkan lutut hitam adalah kunyit dan kopi. Kedua bahan ini memang diklaim efektif untuk mengatasi masalah lutut hitam agar kembali lebih cerah secara alami. Namun ternyata, ada bahan lain yang tak kalah efektif lho. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @fitsehat, yang justru memakai teh dan lemon saja.

foto: TikTok/@fitsehat

Manfaat lemon untuk mencerahkan lutut hitam.

Teh menjadi salah satu bahan minuman yang kerap kali dijadikan bahan perawatan kulit alami oleh kebanyakan orang. Pasalnya, teh dapat menjadi scrub alami yang memiliki tekstur agak kasar namun lebih aman dan tidak akan membuat iritasi kulit. Salah satu manfaatnya adalah meratakan warna kulit yang belang dan menghitam, seperti halnya lutut.

Manfaat teh untuk kulit ini bisa diperoleh berkat kandungan kafein di dalamnya yang efektif untuk mencerahkan kulit. Bahan alami ini juga mengandung gallic acid yang bersifat antioksidan, sehingga dapat menekan produksi melanin di kulit. Efeknya, kulit area lutut akan tampak lebih cerah dan putih merata.