Cara membersihkan kerak knalpot motor pakai 2 bahan dapur, dari kusam jadi kinclong seperti baru lagi

Brilio.net - Knalpot motor yang kotor dan kusam membuat tampilan kendaraan roda dua tersebut kurang elok dipandang. Bahkan jika knalpot kotor dan kusam, ternyata bisa berpengaruh pada performa motor, lho. Kotoran dan kerak yang menumpuk pada knalpot dapat mengurangi efisiensi pembakaran dan mengganggu aliran gas buang, yang pada akhirnya dapat memengaruhi performa mesin. Selain itu, knalpot yang kusam juga menjadi tanda bahwa lapisan pelindungnya telah terkorosi atau terkikis, risiko mempercepat kerusakan.

Mengingat hal tersebut, merawat knalpot motor secara teratur sangat penting untuk menjaga kebersihan dan fungsi dari knalpot. Salah satunya adalah dengan membersihkan knalpot secara berkala memakai cairan pembersih yang tepat. Dengan begitu, kotoran dan karat yang menempel bisa hilang sekaligus mencegah terjadinya korosi.

Namun pada dasarnya, untuk membersihkan kerak knalpot motor, kamu tak perlu membeli cairan khusus, lho. Ada sejumlah bahan dapur yang bisa digunakan untuk membuat knalpot jadi mengilap dan kinclong lagi seperti baru. Nah, bahan dapur ini pernah digunakan oleh warganet pemilik akun YouTube Zaa Channel.