Microsoft OneDrive di web menambahkan mode offline, hanya untuk pengguna kantor dan sekolah

Techno.id - Microsoft mengumumkan penambahan mode offline ke OneDrive di web. Namun fitur ini hanya tersedia untuk pengguna kantor dan sekolah. Perusahaan Redmond mulai memperbarui OneDrive pada Oktober lalu dengan fitur-fitur baru, penyempurnaan dengan desain UI baru. Mode offline baru adalah bagian dari paket tersebut, untuk memungkinkan pengguna mengakses file mereka di browser web, meskipun mereka tidak memiliki koneksi internet.

Cara kerja mode offline OneDrive

foto: unsplash/windows

Seperti dilansir ghacks, Andrey Esipov, Manajer Produk Utama di Daftar produk OneDrive dan Microsoft, mengatakan bahwa mode offline OneDrive memerlukan aplikasi sinkronisasi OneDrive di Windows dan Mac. Fitur baru ini menggunakan penyimpanan lokal komputer pengguna untuk menyimpan beberapa metadata seperti nama file, ukuran, penulis, tanggal terakhir diakses, dan lain sebagainya.

Cache lokal membantu meningkatkan waktu muat untuk OneDrive di web, agar file dapat dibuka lebih cepat, dibanding mengambilnya dari web.

Masuk ke OneDrive di web di Microsoft Edge atau Google Chrome, dan aplikasi Sinkronisasi OneDrive akan secara otomatis melakukan pengaturan mode offline satu kali. Tidak jelas apakah browser lain seperti Mozilla Firefox didukung saat ini.

Setelah ini selesai, pengguna akan dapat mengakses tampilan “File Saya” OneDrive mereka untuk menelusuri, mengatur, memindahkan, menyalin, dan mengganti nama file, meskipun tidak memiliki koneksi jaringan. Pengguna juga dapat mengakses sejumlah fitur seperti tampilan Beranda, File saya, Dibagikan, Favorit, Orang, Rapat, Folder, Metadata, dan lain sebagainya. Perubahan yang pengguna buat pada file saat offline akan disinkronkan kembali ke cloud secara otomatis setelah mereka terhubung ke internet.