Cerita pria yang memilih umrah mandiri ini ongkosnya lebih murah dari travel, begini rinciannya

Brilio.net - Banyak orang yang menginginkan untuk melakukan ibadah umrah, tapi sering terkendala oleh biaya pendaftaran yang tinggi. Oleh karena itu beberapa diantaranya kemudian mengurungkan niatnya. Memang pendaftaran umrah seringkali melibatkan biaya yang cukup besar, termasuk biaya visa, biaya akomodasi, transportasi, dan biaya administrasi lainnya. Apalagi jika menggunakan jasa agen atau travel umrah.

Menggunakan travel agent memang lebih mudah, karena semuanya sudah diurus oleh pihak travel. Akan tetapi butuh biaya tidak sedikit untuk berangkat umrah lewat jalur ini. Lalu apakah bisa pergi umrah secara pribadi? Jawabannya bisa banget. Seperti yang dilakukan oleh pria ini, di mana dia melakukan umrah mandiri tanpa melalui travel.

Brilio.net melansir dari akun TikTok @backpackersayur, Selasa (30/4), seorang pria rela mengurus perjalan menuju Jeddah untuk melakukan ibadah umrah. Mulai dari membeli tiket sampai memesan hotel, semua dilakukan secara mandiri.

Meski terlihat merepotkan, tapi siapa sangka kalau perjalanan umrah mandirinya ini justru lebih hemat budget. Dia bahkan berhemat dengan cara membawa bekal dari Indonesia. Sebab di Makkah nanti pria ini hanya memesan hotel tanpa makan. Selain irit, hal itu juga dimaksudkan agar di sana bisa fokus ibadah.

foto: TikTok/@backpackersayur

"Biar bisa fokus beribadah, jadi makan bisa dibekel sejak ashar. Posisinya Ramadhan sulit untuk PP hotel tiap jam sholat," tulisnya.

Ia berangkat dari solo yang langsung mengambil penerbangan menuju Jeddah dengan transit di Jakarta. Mujurnya, ia hanya menghabiskan uang 5 juta rupiah untuk tiket pesawat pulang pergi. Sekadar informasi, ibadah umrah yang dilakukan secara mandiri ini legal, ya. Jadi asal syaratnya lengkap maka seharusnya tidak ada masalah.

"Dari imigrasi indo sampe imigrasi saudi LANCAR JAYA, di imigrasi Saudi malah gak ditanya apa1. Kita resmi ya, di UUD disebutnya umroh perorangan dan itu diizinkan." ungkapnya.

foto: TikTok/@backpackersayur

Siapa sangka, ternyata banyak teman-teman dari Indonesia yang umrah mandiri. Di sana mereka bisa bersepakat untuk patungan menyewa bus biar biaya semakin ringan. Sebelum berangkat umrah mandiri, pria ini terlebih dahulu mencari informasi di grup backpacker dan umrah mandiri.