Nggak perlu lemon, TikToker ini bagikan cara atasi flek hitam akibat pigmentasi pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Permasalahan kulit wajah seperti jerawat, kulit kusam, komedo, hingga pigmentasi kulit cukup menganggu penampilan. Apalagi pigmentasi adalah salah satu masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bercak atau flek di beberapa area wajah yang menyebabkan warna kulit jadi tidak merata. Biasanya, tanda-tanda awal pigmentasi adalah munculnya flek pada wajah di area dahi, hidung, dan pipi.

Flek yang memiliki warna cokelat kehitaman ini akan muncul semakin banyak jika tak segera diatasi dengan perawatan yang tepat. Umumnya masalah ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih, apalagi jika wajah tak terlindungi dengan penggunaan tabir surya. Pasalnya, sinar UV matahari akan memicu produksi melanin yang berlebih, sebagai upaya perlindungan alami kulit dari efek buruk sinar matahari.

Nah, melanin yang berlebih inilah yang akan menghasilkan flek hitam atau hiperpigmentasi. Tak hanya itu, pigmentasi kulit juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti paparan polusi, penggunaan makeup atau skincare yang tidak cocok, hingga efek penuaan dan genetik. Meski tidak menyebabkan masalah kesehatan, namun flek hitam akibat pigmentasi cukup mengganggu penampilan.

Karena itulah, tak heran jika banyak yang mencari cara untuk memudarkan flek hitam lewat perawatan medis, penggunaan skincare khusus pigmentasi, hingga penggunaan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang dikenal ampuh pudarkan flek hitam adalah lemon. Padahal, masih ada bahan-bahan alami lainnya yang punya manfaatkan sama, lho.