Nggak perlu krim pemutih, wanita ini bagikan cara cerahkan hiperpigmentasi wajah pakai 3 bahan dapur

Brilio.net - Selain jerawat, masalah kulit yang bikin wajah kurang mulus adalah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi yang terjadi akibat peningkatan produksi melanin atau pigmen yang memberikan warna pada kulit. Melanin berlebih ini akan menyebabkan munculnya bercak gelap atau flek hitam pada permukaan kulit.

Hiperpigmentasi pada umumnya tidak menimbulkan sensasi nyeri atau gatal, namun bisa mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Perlu diketahui bahwa hiperpigmentasi dapat terjadi pada siapa saja, tidak peduli jenis kulitnya. Penyebab hiperpigmentasi dapat bervariasi, namun paparan sinar matahari menjadi salah satu faktor utama yang memicu munculnya masalah kulit ini.

Sinar matahari mengandung radiasi ultraviolet (UV) yang merangsang produksi melanin oleh sel-sel kulit sebagai upaya perlindungan alami terhadap sinar UV yang berbahaya. Namun, terlalu banyak paparan sinar matahari dapat mengganggu produksi melanin normal, mengakibatkan penumpukan melanin yang berlebihan di area tertentu dan menyebabkan hiperpigmentasi. Tak heran jika hiperpigmentasi kulit berwarna hitam kecokelatan yang tampak di permukaan kulit.