2 Skenario Indonesia lolos Olimpiade 2024 meski kalah dari Uzbekistan di semifinal Piala Asia 2024

Brilio.net - Mimpi Timnas U-23 Indonesia menjadi juara Piala Asia 2024 pupus setelah kalah melawan Uzbekistan. Laga tersebut berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Senin (29/4).

Pada babak pertama, Timnas U-23 Indonesia mampu menahan lawan. Namun, gawang Ernando Ari harus kebobolan dua kali pada babak kedua. Gol pembuka kemenangan Uzbekistan dicetak oleh Khusayin Norchaev pada menit ke-68. Sedangkan, gol kedua dicetak lewat blunder Pratama Arhan pada menit ke-86.

Padahal, tim asuhan Shin Tae-yong sempat unggul melawan Uzbekistan setelah gol yang dicetak lewat tendangan keras oleh Muhammad Ferarri pada menit ke-63. Gol dari crossing Pratama Arhan kemudian diteruskan Sananta ke Ferarri masuk sempurna ke gawang Uzbekistan. Namun, wasit mengecek VAR karena terindikasi offside, sehingga menganulir gol yang dicetak Ferarri tersebut.

foto: Instagram/@fifa

Rizky Ridho harus menerima kartu merah setelah melakukan pelanggaran ke pemain lawan. Tim asuhan Shin Tae-yong ini pun harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-83. Meski menelan kekalahan, Timnas Garuda masih memiliki kesempatan lolos ke Olimpiade 2024 di Paris meski kalah dari Uzbekistan dengan skor 0-2.

Olimpiade 2024 akan digelar pada 24 Juli - 10 Agustus 2024 mendatang di Prancis. Indonesia diketahui sudah lama aktif mengirimkan wakil-wakilnya untuk mengikuti berbagai cabang olahraga. Namun di cabor sepak bola, Indonesia sudah lama tak mengirimkan wakilnya. Timnas Indonesia terakhir tampil di Olimpiade sekitar 68 tahun yang lalu yakni pada tahun 1956.

Lantas bagaimana skenario Timnas Indonesia U-23 bisa bermain di Olimpiade?