Tak perlu direndam garam, ini cara ampuh mengurangi asin pada cumi asin pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Cumi asin dibikin menggunakan proses pengawetan garam kering. Metode pengawetan akan membuat cumi kian tahan lama. Namun karena telah mengalami proses pengawetan, cumi jadi terasa lebih asin ketimbang jenis cumi segar.

Sama seperti jenis seafood lainnya, cumi asin juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang menggugah selera. Misalnya dimasak dengan berbagai bumbu menjadi tumisan, digoreng, maupun dimasak jadi menu lain.

Sayangnya, rasa asin pada cumi asin membuat sebagian orang enggan mengolahnya. Pasalnya, meski sudah dimasak dengan berbagai bumbu, rasa asin pada cumi asin masih mendominasi, nih.

Sejumlah orang pun memilih merendam cumi asin dengan larutan garam sebelum memasaknya. Rasa asin pada cumi asin dipercaya dapat berpindah ke larutan garam sehingga rasanya tidak terlalu asin lagi. Namun selain direndam larutan garam, masih ada cara lain yang nggak kalah ampuh, lho.

Cara lain ini sempat ditunjukkan oleh pengguna TikTok @vie.syafie. Dia mengaku hanya menggunakan 1 bahan dapur saja untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin.