Nggak cuma pakai timun, ini cara atasi kantung mata tebal dengan tambahan 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Ada berbagai permasalahan area mata yang cukup mengganggu penampilan. Mulai dari mata panda atau dark circle, kantung mata, hingga kerutan di area mata. Masalah di area mata ini umumnya terjadi seiring bertambahnya usia seseorang. Salah satunya yang paling umum dialami adalah kantung mata.

Meski tidak menimbulkan rasa sakit, namun kantung mata dapat mengganggu penampilan karena membuat wajah terlihat lelah dan lebih tua dari usia yang sebenarnya. Wajah juga jadi tampak kurang fresh dan sembab. Kantung mata terjadi karena adanya penumpukan cairan yang diakibatkan melemahnya jaringan di sekitar mata, termasuk otot penopang kelopak mata.

Salah satu penyebab paling umum terjadinya kantung mata adalah efek kurang tidur. Pasalnya, karena kurang tidur, pembuluh darah di bawah kulit tipis mata akan melebar dan menciptakan warna gelap. Pembuluh darah yang melebar inilah yang akan menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata, sehingga terbentuk kantung mata.

Namun sebenarnya, faktor terbesar penyebab munculnya kantung mata adalah penuaan. Hal ini dikarenakan, seiring bertambahnya usia, otot dan struktur jaringan di sekitar mata melemah. Tak heran jika seiring bertambahnya usia seseorang, kantung mata akan semakin tebal.

Ini juga terjadi karena jaringan kolagen dan elastin pada jaringan kulit mulai mengalami penurunan. Karena itulah, kulit akan kehilangan kemampuan dalam menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Bahkan kulit juga akan mulai mengendur dan cairan akan mulai berkumpul di bagian bawah mata.

Selain itu, lemak yang berada di area mata akan bergerak ke daerah sekitar bawah mata sehingga terlihat bengkak atau membentuk kantung mata yang cukup tebal. Meski begitu, nyatanya kantung mata juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti efek stres, terlalu lama menangis, kelelahan, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Tak perlu khawatir, karena ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, serta memanfaatkan bahan-bahan alami.