Buah-buahan yang berwarna cerah.

1. Buah-buahan yang berwarna cerah.

foto: freepik.com

Buah-buahan mampu menunjang kecerahan kulit yang bekerja dari dalam tubuh, baik kulit lapisan atas atau bawah. Selain mampu mencerahkan kulit, mengonsumsi buah juga mencegah kerusakan akibat sinar matahari yang mengganggu proses pembentukan kolagen.

Namun menurut dokter Richard, buah-buahan yang dipilih sebaiknya yang berwarna cerah, seperti buah berry, alpukat, wortel, kiwi, dan semangka, karena nutrisinya lebih banyak. Proses mengonsumsi beberapa buah tersebut juga harus dilakukan bertahun-tahun karena dosis yang didapatkan dari buah tidak sebesar suplemen ataupun infus.

"Kenapa bagus banget? Karena di dalamnya itu kaya banget antioksidan, kaya akan vitamin C yang kita tahu tuh vitamin C antioksidan likopen itu bagus banget untuk kulit dan bisa bikin kulit kita jadi lebih cerah," kata dokter Richard.

2. Biji bunga matahari.

Sebetulnya, makanan tidak ada yang mengandung glutathione seperti yang diproduksi oleh tubuh. Jadi, kamu hanya perlu menyediakan makanan yang membuat glutathione berkembang dalam tubuh dan diproduksi secara terus-menerus. Biji bunga matahari kaya akan vitamin E dan juga selenium yang merupakan salah satu makanan yang dapat membantu terbentuknya glutathione.

3. Kacang almond.

foto: freepik.com

Kacang almond menjadi salah satu makanan yang dapat membantu mencerahkan kulit secara alami berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan dalam kacang almond juga diklaim mampu melawan kerusakan kulit dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat merawat kehalusan kulit.

Selain itu, kacang almond juga mengandung banyak alfa-tokoferol, yaitu bahan utama dari vitamin E yang dapat menjaga kekencangan dan kecerahan kulit.

"Menurut dr.Jefri Dover, vitamin E di dalam kacang almond itu tinggi sekali. Selain itu, kacang almond kaya akan Omega-3. Vitamin E tersebut bagus untuk membuat kulit jadi lebih halus dan putih," jelas dokter Richard.