Menarik Ditiru, Nih~

Cara jitu hilangkan kerak pintu kamar mandi pakai 2 bahan dapur.

foto: TikTok/@mariantimamengko

Dilansir BrilioFood dari TikTok @mariantimamengko pada Jumat (26/4), bahan dapur yang dimaksud adalah sabun cuci piring dan baking soda. Pertama-tama, siapkan sebuah wadah lalu tuang sabun cuci piring secukupnya. Tambahkan juga baking soda dan air secukupnya. Aduk semua bahan sampai tercampur rata.

foto: TikTok/@mariantimamengko

Jika sudah, cairan pembersih siap digunakan untuk membersihkan pintu kamar mandi yang berkerak. Pengguna TikTok tersebut langsung menggosokkan cairan pembersih menggunakan spons dan sikat gigi.

Untuk bagian tengah pintu, pengguna TikTok tersebut menggosoknya dengan spons, namun untuk bagian lekukan dia menggosoknya pakai bantuan sikat gigi bekas. Tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra, kerak yang menempel di pintu kamar mandi pun langsung luntur. Pengguna TikTok tersebut juga membersihkan bagian gagang dan kunci pintu kamar mandi agar bersih.

foto: TikTok/@mariantimamengko

Sesudah digosok beberapa saat, bilas pintu kamar mandi dengan air sampai benar-benar bersih. Hasilnya, pintu kamar mandi jadi tampak cerah dan kinclong lagi seperti baru.

@mariantimamengko KERAK DI PINTU PLASTIK KAMAR MANDI #pintukamarmandi #sabuncucipiring #bakingsoda #bersihbersih #asmrindonesia #toiletcleaning ♬ suara asli - 𝘼𝙣𝙜𝙜𝙖🔥

 

Trik mencegah timbulnya kerak air pada pintu kamar mandi.

Mencegah timbulnya kerak air di pintu kamar mandi adalah langkah penting untuk menjaga kebersihan dan estetika ruangan. Berikut adalah beberapa trik untuk mencegahnya.

1. Gunakan shower curtain yang tepat.

Pastikan menggunakan tirai mandi (shower curtain) yang cukup panjang dan lebar sehingga menutupi area seluruh pintu kamar mandi dengan baik. Hal ini akan membantu mencegah air dari shower atau bathtub mengenai permukaan pintu.

2. Pilih bahan yang tahan air.

Pilih tirai mandi yang terbuat dari bahan yang tahan air dan cepat kering, seperti plastik atau vinyl. Bahan-bahan ini cenderung lebih tahan terhadap kerak air dan jamur daripada bahan kain.

3. Pastikan tirai mandi kering setelah digunakan.

Setelah mandi, pastikan untuk menarik tirai mandi secara menyeluruh agar kering dengan cepat. Hal ini akan membantu mencegah pertumbuhan jamur dan kerak air.

4. Sirkulasi udara yang baik.

Pastikan ada sirkulasi udara yang baik di dalam kamar mandi dengan memasang kipas ekstraktor atau membuka jendela setelah mandi. Udara yang beredar dapat membantu mengurangi kelembapan dan mencegah pertumbuhan jamur dan kerak air.

5. Lakukan pembersihan rutin.

Bersihkan area pintu kamar mandi secara rutin untuk menghilangkan kerak air yang mungkin sudah terbentuk. Gunakan pembersih yang efektif untuk mengatasi kerak air tanpa merusak permukaan pintu.

6. Gunakan penahan air.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa memasang penahan air (splash guard) di bagian bawah pintu kamar mandi. Ini akan membantu mencegah air dari tumpahan atau semprotan shower masuk ke luar area kamar mandi.

7. Perbaiki segel pintu.

Pastikan segel pintu kamar mandi dalam kondisi baik dan tidak bocor. Segel yang rusak atau longgar dapat memungkinkan air masuk ke luar area kamar mandi dan menyebabkan kerak air.