Mudah dipraktikkan di rumah

Cara mengusir semut pakai bahan dapur.

Dilansir BrilioFood pada Jumat (26/4), bahan dapur yang dimaksud adalah garam. Selain itu, dia juga menambahkan detergen bubuk dan air untuk membuat cairan pembasmi semut.

foto: YouTube/IDE CHANNEL

Pertama-tama, siapkan sebuah wadah gelas untuk mencampurkan larutan. Setelah itu, masukkan 1 sdm garam ke dalam gelas. Tambahkan juga 1 sdm detergen bubuk, lalu dilarutkan dengan air. Aduk rata ketiga bahan tersebut sampai tercampur rata.

foto: YouTube/IDE CHANNEL

"Kita tunggu sebentar kurang lebih lima menitan sampai detergen dan garamnya benar-benar larut," ujar pengguna YouTube tersebut.

Setelah didiamkan selama 5 menit, tuang larutan pembasmi semut tersebut ke dalam botol spray. Larutan tersebut lantas sudah bisa dipakai untuk mengusir semut di rumah.

"Kita tinggal semprotkan pada rumah kita yang sekiranya banyak semutnya," imbuhnya.

Cara mengusir semut pakai bahan alami.

foto: YouTube/IDE CHANNEL

Pengguna YouTube tersebut langsung menggunakan larutan tersebut untuk membasmi sarang semut yang ada di halaman rumahnya. Selain halaman rumah, kamu juga bisa menyemprotkan larutan tersebut ke beberapa sudut rumah yang sering dilewati semut.

"Jadi kita tinggal semprotkan cairan ini supaya tidak menggigit orang yang lewat," terangnya.

Hasilnya, setelah disemprot pakai larutan pembasmi tersebut, semut langsung tak berkutik lagi. Dengan begitu, rumah pun aman dari serangan semut. Aroma yang cukup kuat dari garam dan detergen juga membuat semut ogah datang lagi ke rumah.

Gimana, cukup mudah dan praktis kan trik satu ini? Sejak diunggah pada Februari 2024, video tersebut sudah ditonton sebanyak 18 ribu kali, lho.

 

 

Trik mengatasi tangan yang gatal akibat gigitan semut.

Untuk mengatasi rasa gatal karena gigitan semut, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba:

1. Bersihkan kulit.

Segera bersihkan area yang tergigit dengan air dan sabun untuk menghilangkan residu atau sisa racun yang mungkin masih menempel di kulit.

2. Pakai es batu.

Tempelkan es batu atau kantong es yang dibungkus dengan kain tipis pada area yang tergigit selama beberapa menit. Ini dapat membantu meredakan rasa gatal dan mengurangi pembengkakan.

3. Gunakan gel lidah buaya.

Oleskan gel lidah buaya pada area yang tergigit. Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan menenangkan yang dapat membantu meredakan rasa gatal dan peradangan.

4. Minyak peppermint atau minyak tea tree.

Oleskan sedikit minyak peppermint atau minyak tea tree pada area yang tergigit. Keduanya memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi gatal dan iritasi.

5. Baking soda.

Campurkan sedikit baking soda dengan air hingga membentuk pasta dan oleskan pada area yang tergigit. Baking soda memiliki sifat antiseptik dan dapat membantu meredakan gatal serta mengurangi peradangan.

6. Kompres air hangat.

Gunakan kompres air hangat dengan kain bersih atau handuk yang dibasahi dengan air hangat. Kompres ini dapat membantu meredakan gatal dan meningkatkan aliran darah ke area yang tergigit.

7. Obat antigatal.

Jika rasa gatal masih terasa sangat mengganggu, kamu juga dapat menggunakan krim atau lotion yang mengandung antihistamin atau kortikosteroid untuk meredakan gatal dan peradangan.

8. Hindari menggaruk.

Meskipun terasa gatal, hindari menggaruk area yang tergigit karena hal ini dapat menyebabkan infeksi dan memperburuk iritasi.