Dari ubi sampai lidah buaya

1. Ubi.

foto: freepik.com

Ubi adalah makanan yang sangat baik untuk pemilik jenis kulit kering. Kaya akan vitamin A, ubi dapat mengunci kelembapan ke dalam kulit agar kulit tetap kencang, kenyal, dan sehat. Tak sekadar itu, vitamin A dalam ubi juga bisa membantu mempercepat regenerasi sel dan mencegah kulit mengelupas.

"Vitamin A akan membantu memperbaiki kulit dari sinar UV paparan matahari, sehingga bisa mencegah kulit teman-teman kering," kata sang dokter.

Selain vitamin A, ubi juga mengandung vitamin C, retinoid, dan karotenoid yang dapat membantu mencerahkan kulit, mencegah penuaan, dan menjaga kulit tetap sehat, kencang, serta bercahaya.

2. Pisang.

Mengutip Healthline, pisang kaya akan antioksidan, vitamin A, C, dan E dapat menyehatkan kulit. Salah satunya adalah merawat kulit kering. Pisang juga mengandung silika yang bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen. Kolagen merupakan protein penting yang dibutuhkan kulit karena mampu menjaga kekencangan kulit dan mencegah munculnya kerutan di wajah.

"Tidak hanya dimakan, pisang juga bisa digunakan untuk masker wajah, misalkan dengan dicampur yoghurt," jelas dokter Saddam.

3. Ikan.

foto: freepik.com

Dilansir dari laman Healthline, beberapa jenis ikan ternyata kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kering. Tidak hanya itu, lemak omega-3 yang terkandung pada ikan juga dapat membantu kamu mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Pasalnya, kekurangan omega-3 pada kulit nyatanya dapat sebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

"Ikan tuna, ikan salmon merupakan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang bagus untuk merawat kulit kering dan membuatnya lebih lembut dan kenyal. Bisa mengolah dengan cara yang sehat untuk dikonsumsi," kata sang dokter.

4. Kunyit.

Rempah dapur berwarna kuning yang disebut dengan kunyit ini memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan kulit. Menurut Healthline, manfaat kunyit ini berkat kandungan komponen bioaktif kurkumin yang terkandung di dalamnya. Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Nah, salah satu manfaatnya adalah mampu merawat kulit kering dan membuatnya tetap kenyal.

"Kunyit mengandung kurkumin yang bersifat antiinflamasi untuk mencegah kulit kering," jelas sang dokter.

5. Kacang-kacangan.

foto: freepik.com

Kacang-kacangan, seperti almond dan kacang kenari, mengandung asam esensial yang tinggi, yaitu asam lemak omega-3, omega-6, protein, dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk merawat kesehatan kulit. Kandungan nutrisi pada kacang dipercaya dapat membantu menjaga kekencangan dan integrasi sel, melembapkan kulit kering, hingga membuat kulit jadi terasa lembut.

6. Alpukat.

Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung lemak alami dan berbagai vitamin lainnya. Berkat kandungan tersebut, alpukat diklaim ampuh mengatasi berbagai masalah kulit, tak terkecuali untuk merawat kulit kering. Dilansir dari Healthline, kandungan lemak, senyawa, dan vitamin dalam alpukat dapat membantu mempercepat perbaikan kulit. Kandungan vitamin A, lemak alami, vitamin C, dan antioksidan di dalamnya juga diklaim ampuh dalam menjaga kelembapan dan bikin kulit auto kenyal.

"Dengan mengonsumsi lemak sehat, bisa membantu mengencangkan kulit, menghindari risiko kulit kering, kulit lebih cerah, dan kenyal," jelas dokter Saddam.

7. Lidah buaya.

foto: freepik.com

Lidah buaya memang umum digunakan sebagai bahan pelembap alami untuk mengatasi kulit kering, kasar, dan mengelupas. Ini berkat kandungan zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit. Kamu bisa mengonsumsinya atau menggunakannya sebagai masker topikal.

"Kalau bisa mengolahnya, lidah buaya ini bisa kamu buat jus atau bisa membeli jus lidah buaya yang asli," ungkap sang dokter.