Mudah dipraktikkan di rumah

Cara hilangkan noda kunyit di blender.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Dewiwitt pada Kamis (25/4), bahan dapur yang digunakan adalah baking soda. Selain itu, dia juga menggunakan air hangat dan pasta gigi sebagai bahan pembersih.

foto: YouTube/Dewiwitt

Tahapan untuk membersihkannya juga cukup mudah. Pertama, siapkan blender yang akan dicuci. Siapkan juga pasta gigi, baking soda, air hangat, dan sikat gigi. Jika sudah, oleskan pasta gigi ke blender yang dipenuhi noda kunyit, lalu digosok pakai sikat gigi secara merata ke seluruh permukaan blender.

"Sesekali celupkan sikat gigi ke air hangat," ujar pengguna YouTube tersebut.

foto: YouTube/Dewiwitt

Pengguna YouTube tersebut juga menggosok pisau blender dengan pasta gigi. Setelah disikat beberapa saat, blender direndam sebentar di air hangat.

"Kalau dirasa gosok-gosoknya sudah merata, kita rendam di air hangat terus kasih soda kue sedikit aja," ungkapnya.

foto: YouTube/Dewiwitt

Jika sudah diberi taburan baking soda, gosok kembali blender sampai bersih dan nodanya luruh. Selanjutnya, bilas blender dan hasilnya sudah mulai terlihat cerah. Namun pengguna YouTube tersebut kembali menggosok blender agar hasilnya benar-benar bersih.

"Tapi di sini aku coba gosok lagi karena masih ada noda kuning yang tersisa," tambahnya.

foto: YouTube/Dewiwitt

Selanjutnya, bilas blender dengan air hangat dan dilanjutkan dengan membilasnya pakai air mengalir. Jika sudah, keringkan blender dengan kain lap yang bersih.

"Nah ini dia hasilnya jadi kinclong," pungkasnya.

 


Trik merawat pisau blender agar tidak mudah berkarat.

Untuk merawat pisau blender agar tidak mudah berkarat, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Keringkan pisau dengan baik setelah pemakaian.

Setelah menggunakan blender, pastikan untuk membersihkan pisau secara menyeluruh dan mengeringkannya dengan handuk kering atau kain lap. Menghilangkan kelembapan dari pisau akan membantu mencegah terbentuknya karat.

2. Hindari paparan kelembapan.

Simpan blender dan pisau di tempat yang kering dan terlindung dari kelembapan. Hindari menyimpan pisau blender dalam kondisi yang lembap atau basah, seperti di dalam wadah yang masih terdapat sisa air.

3. Gunakan pisau yang tahan karat.

Pilih blender dengan pisau yang terbuat dari bahan yang tahan karat, seperti stainless steel atau bahan lain yang dilapisi anti karat. Ini akan membantu mengurangi risiko karat pada pisau blender.

4. Gunakan deterjen lembut.

Saat membersihkan pisau blender, gunakan deterjen yang lembut dan bersihkan dengan spons atau sikat yang lembut. Hindari menggunakan bahan abrasif atau pembersih yang keras yang dapat merusak lapisan pelindung pisau.

5. Oleskan minyak sayur.

Setelah membersihkan dan mengeringkan pisau blender, oleskan sedikit minyak sayur pada permukaan pisau. Minyak ini akan membantu melindungi pisau dari kelembapan udara dan mencegah terbentuknya karat.

6. Perhatikan lingkungan penyimpanan.

Pastikan tempat penyimpanan blender dan pisau berada di tempat yang bersih, kering, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Hindari menyimpan pisau blender dalam kondisi tertutup yang lembap dan berpotensi menyebabkan karat.