Cepat Dan Ampuh.

Trik pemilik laundry basmi noda kuning di bed cover ini ditambah 1 bahan dapur.

Langkah pertama, siapkan gayung atau wadah untuk meracik bahan pembersihnya. Masukkan 3 cup air bersih ke dalam gayung tersebut, kemudian tambahkan 1,5 cup cairan pemutih dan 1 cup sabun cuci piring. Nah, sabun cuci piringlah bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik basmi noda kuning di bed cover ini.

"Jadi nggak perlu pakai chemical (bahan kimia) yang mahal-mahal, cuman air biasa, pemutih pakaian, sama sabun cuci piring. Ini (bed cover) punya pelanggan, jadi saya nggak bisa asal-asalan kasih tutorial," tegasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube EK TV CHANEL pada Kamis (25/4).

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Selanjutnya, aduk semua bahan hingga tercampur rata. Celupkan sikat gigi bekas ke dalam racikan pembersih tersebut, lalu oleskan ke area bed cover yang ada nodanya. Pemilik akun YouTube EK TV CHANEL menjelaskan, teknik membersihkan bed cover seperti ini ampuh mengangkat noda tanpa memudarkan motif ataupun warna bed cover, lho.

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Usai semua noda sudah diolesi dengan racikan pembersih, sisihkan dulu bed covernya. Nah, sisa racikan bahan pembersih bisa dilarutkan dengan air di dalam baskom. Kemudian, rendam bed cover di dalamnya cukup selama 10 menit.

Setelah direndam, bilas bed cover beberapa kali dengan air bersih untuk menghilangkan aroma menyengat dari pemutih pakaian. Jika sudah, cuci lagi bed cover dengan teknik seperti biasanya, baik dikucek secara manual ataupun dimasukkan ke mesin cuci.

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Usai proses mencuci terakhir, rendam bed cover di dalam air larutan pewangi pakaian selama 10 menit supaya lebih harum. Pemilik akun YouTube EK TV CHANEL juga menjelaskan, kamu juga bisa mencampurkan pewangi pakaian dengan sedikit cuka supaya aroma wanginya lebih semerbak.

Kemudian, bed cover bisa diperas atau dikeringkan di mesin pengering. Setelahnya, bed cover bisa langsung dijemur sampai benar-benar kering.

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Gimana, meski tanpa air panas, bed cover tetap bisa dicuci sampai bersih, kan? Mengintip kolom komentar di unggahan YouTube EK TV CHANEL yang sudah ditonton 63 ribu kali, tak sedikit warganet mengaku antusias mencoba ataupun bertanya seputar trik mencuci bed cover ini.

"Mau tanya, kalau untuk bahan / corak yg rentan/ luntur dg bayklin, apa ada alternatif penggantian bayklin'nya? Tq," tanya YouTube @blublaundry8437 dan dibalas oleh pemilik video, "paling ampuh bayclin hehe tp tergantung nodanya,untuk baju warna bisa pakai power merah,sama sabun batangan,atau bisa di coba pakai soda kue di bikin pasta juga ampuh."

"mantep bang,tapi kalau aku tetap bau pemutih bang apa cucinya kurang bersih," tulis YouTube @aditiasaputra1234 dan mendapat jawaban, "iya setelah ini kan di cuci seperti biasa baru di kasih pewangi memang prosesnya harus lama."

"Mas, kalo jemur bedcover dibawah sinar matahari langsung apa harus berhari² jg?" tutur YouTube @fifinurholifah6901 yang dibalas, "Kalau musim terang jemur dalam rumah paling 2 hari juga sudah kering maksimal bu,kalau kena matahari sehari juga kering."

 

Cara melembutkan tangan kering akibat sering kena sabun cuci piring.

Ada beberapa cara alami yang dapat membantu melembutkan tangan yang kering karena sering terkena sabun cuci piring.

1. Gunakan sabun lembut.

Pilihlah sabun cuci piring yang lembut dan bebas dari bahan kimia keras atau pewangi yang dapat mengiritasi kulit.

2. Gunakan sarung tangan.

Saat mencuci piring atau melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya yang melibatkan penggunaan air dan deterjen, selalu gunakan sarung tangan karet atau plastik. Ini akan melindungi tangan dari kontak langsung dengan bahan kimia yang dapat membuat kulit kering.

3. Gunakan pelembap.

Setelah mencuci piring atau melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya, oleskan pelembap khusus untuk tangan secara menyeluruh. Pilih pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti minyak alami (misalnya minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa) atau shea butter yang dapat membantu melembutkan dan melembapkan kulit.

4. Gunakan minyak alami.

Sebelum tidur, oleskan minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak almond ke tangan kamu, lalu gunakan sarung tangan karet atau plastik untuk menutupinya. Biarkan minyak meresap semalaman. Ini akan membantu melembapkan dan merawat kulit tangan secara intensif.

5. Hindari air panas.

Saat mencuci tangan atau melakukan kegiatan lain yang melibatkan kontak dengan air, hindari menggunakan air yang terlalu panas. Air panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit dan membuatnya lebih kering.

6. Minum banyak air.

Pastikan kamu tetap terhidrasi dengan baik dengan minum cukup air setiap hari. Hidrasi yang cukup dapat membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam.

7. Konsumsi makanan bergizi.

Makan makanan yang kaya akan nutrisi, terutama yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, serta vitamin dan mineral penting seperti vitamin E dan zinc. Ini dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan lembut.

Dengan mengikuti tips ini secara teratur, kamu dapat membantu menjaga kulit tangan tetap lembut dan terhindar dari kekeringan yang disebabkan oleh sering terkena sabun cuci piring atau bahan kimia lainnya.