Jika tidak menggunakan tabir surya, maka kulit secara alami akan membentuk perlindungan dari bahaya sinar matahari dengan memproduksi melanin berlebihan.

Jika tidak menggunakan tabir surya, maka kulit secara alami akan membentuk perlindungan dari bahaya sinar matahari dengan memproduksi melanin berlebihan. Melanin menjadi pemicu munculnya bercak kehitaman yang disebut flek hitam yang ada di permukaan kulit. Kondisi ini juga sering disebut dengan hiperpigmentasi.

Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk memudarkan atau menghilangkan flek hitam. Mulai dari perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare khusus dark spot atau flek hitam, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satu produk skincare yang sering dimanfaatkan untuk mengatasi flek hitam adalah serum dark spot.

Serum dark spot umumnya mengandung bahan-bahan aktif yang dapat membantu memudarkan flek hitam membandel di wajah. Namun sayangnya, tak semua orang cocok menggunakan serum dark spot yang dijual di pasaran karena kandungan bahan kimia-nya yang sangat tinggi. Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tak kalah efektif jika digunakan secara rutin.

Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @aayuaaru12 pada 2 Mei 2021, yang berisi tentang cara pudarkan flek hitam di area wajah cuma pakai 3 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah plain yoghurt, gula pasir, dan perasan lemon.

foto: TikTok/@aayuaaru12

Kandungan plain yoghurt untuk memudarkan flek hitam.

Salah satu manfaat yoghurt untuk kesehatan kulit adalah memudarkan flek hitam yang cukup membandel. Meski selama ini dikenal mampu mengurangi kerutan dan membasmi jerawat, yogurt juga bermanfaat untuk mengatasi noda gelap di wajah (termasuk flek hitam) dan membuatnya jadi lebih cerah merata. Ini berkat kandungan berbagai vitamin, zinc, dan lactic acid di dalamnya.

Manfaat gula pasir untuk mengatasi flek hitam di wajah.

Tak hanya berperan sebagai bahan pemanis, gula pasir ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit, salah satunya wajah. Kandungan asam glikolat dan asam alfa hidroksi pada gula dapat membersihkan sel kulit mati dan membantu meningkatkan regenerasi kulit. Sifatnya sebagai eksfolian juga mampu mengatasi berbagai noda di wajah seperti bintik hitam dan flek hitam agar wajah jadi lebih cerah merata.

Ternyata lemon dapat mencerahkan wajah dengan memudarkan tampilan flek hitam.

Lemon adalah buah sitrus yang dikenal kaya akan vitamin C dan asam sitrat. Tak heran jika buah ini memiliki segudang manfaat untuk kulit. Manfaat lemon salah satunya adalah memudarkan flek hitam di wajah. Seperti yang dilansir dari laman Healthline, bahwa lemon kaya akan vitamin C yang dapat mencerahkan wajah termasuk flek hitam. Kandungan vitamin C dalam lemon dapat bekerja dengan baik untuk membantu memudarkan flek-flek hitam, bekas jerawat, dan bintik-bintik pada wajah akibat penuaan kulit.

Cukup dengan tiga bahan tersebut, kamu bisa membuat face scrub yang dipercaya efektif untuk memudarkan flek hitam agar wajah jadi cerah merata. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @aayuaaru12, Kamis (25/4).

foto: TikTok/@aayuaaru12

Bahan:
- Plain yoghurt secukupnya
- 1-2 sendok makan gula pasir
- 1 buah lemon (potong menjadi 2 bagian)

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup
2. Aplikasikan yoghurt pada wajah secara menyeluruh
3. Tuangkan gula pasir diatas lemon lalu gosokkan pada wajah yang sudah diaplikasikan yoghurt
4. Gosok-gosok dengan lembut menggunakan gerakan memutar selama 1 menit
5. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
7. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus dan bebas flek hitam.

foto: TikTok/@aayuaaru12

@aayuaaru12 face chemical peel to get rid of black and brown spots#beautyhack#aayuaaru12#foryoupage#bloopers ♬ original sound - 🔥AaYuSha🧿⁉️