Biar lebih tahan lama, daun salam bisa kamu jemur terlebih dahulu sebelum disimpan.

Biar lebih tahan lama, daun salam bisa kamu jemur terlebih dahulu sebelum disimpan. Namun, bagi sejumlah orang, teknik menjemur daun salam ini kurang praktis dilakukan, apalagi kalau kamu punya segudang kesibukan lain di rumah.

Nah, buat kamu yang ogah menjemur daun salam sebelum menyimpannya, trik dari pengguna akun TikTok @iie0704 untuk menyimpan daun salam tampaknya bisa kamu coba. Trik ini disebut-sebut jauh lebih praktis karena tak perlu melewati proses menjemur.

Sebelum masuk ke triknya, cuci dulu daun salam dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Setelah itu, keringkan daun salam pakai lap atau tisu. Pemilik akun TikTok @iie0704 menjelaskan, kamu juga bisa mengeringkan daun salam dengan kipas angin.

foto: TikTok/@iie0704

Jika daun salam sudah benar-benar kering, baru bungkus beberapa lembar daun salam dengan tisu. Tisu ini akan menyerap kelembapan pada daun salam selama disimpan nantinya. Usai diselimuti tisu, masukkan daun salam ke dalam plastik, lalu ikat atau tutup plastiknya hingga rapat.

"Selanjutnya masukkan ke dalam freezer," imbuh pemilik akun TikTok @iie0704, dikutip BrilioFood pada Rabu (24/4).

Yups, daun salam ini harus disimpan di dalam freezer supaya beku dan bisa awet hijau dan wangi berminggu-minggu.

foto: TikTok/@iie0704

Nah, gampang banget kan trik menyimpan daun salam ini? Mengintip unggahan TikTok @iie0704, memang belum terdapat banyak komentar dari warganet lain, tapi video ini sudah mendapat antusias lebih dari 1.000 viewers, lho.

@iie0704

cara agar penyimpanan daun salam awet + selalu segar

♬ original sound - iie07 - panggil aku_ iie

Manfaat daun salam untuk kecantikan.

Daun salam biasanya lebih dikenal sebagai bahan penyedap masakan, tetapi juga memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan. Beberapa manfaatnya termasuk.

1. Mengatasi jerawat.

Daun salam mengandung zat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mengurangi kemunculan jerawat.

2. Mencerahkan kulit.

Kandungan antioksidan dalam daun salam dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti bintik-bintik hitam dan garis halus.

3. Mengurangi ketombe.

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi daun salam juga dapat membantu mengurangi ketombe dan menjaga kulit kepala tetap sehat.

4. Mengatasi bau badan.

Daun salam juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi bau badan. Caranya, rendam daun salam dalam air hangat dan gunakan air rendaman tersebut sebagai bilasan setelah mandi.

5. Mengatasi gatal-gatal.

Kandungan antijamur dalam daun salam dapat membantu mengatasi gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur.

6. Mengencangkan kulit.

Penggunaan eksternal daun salam dalam bentuk masker atau scrub dapat membantu mengencangkan kulit wajah dan mengurangi pori-pori yang terbuka.

Namun, sebelum menggunakan daun salam atau bahan alami lainnya untuk perawatan kulit, penting untuk melakukan tes kepekaan terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi atau iritasi. Juga, konsultasikan dengan ahli kecantikan atau dokter kulit jika kamu memiliki kondisi kulit tertentu atau jika kamu tidak yakin tentang penggunaan daun salam untuk kecantikan.