Cara mudah yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah

Cara cuci handuk dekil penuh noda.

Yang pertama harus disiapkan adalah 1 baskom air panas. Kemudian, masukkan baking soda, cuka, dan sabun cuci piring ke dalam air panas tersebut. Kamu bisa menggunakan takaran 2 sdm saja untuk masing-masing bahan. Yup, baking soda, cuka, dan sabun cuci piring inilah bahan dapur inti untuk mempraktikkan trik cuci handuk dekil ini.

Tak sampai situ saja, pemilik akun YouTube Moel moet juga menambahkan 2 sdm cairan alkali atau alkalite. Bahan ini bisa dibeli di e-commerce atau toko khusus menjual bahan-bahan laundry. Usai semua bahan masuk ke dalam air panas, baru aduk sampai rata.

foto: YouTube/Moel moet

Celupkan sikat gigi bekas ke dalam racikan bahan pembersih tersebut, lalu oleskan pada area handuk yang kotor sambil sedikit disikat. Setelah itu, rendam handuk ke dalam racikan bahan pembersih. Biarkan handuk terendam sampai airnya tak panas lagi.

"Kita diamkan sampai airnya dingin atau kurang lebih 20 menit," tegas pemilik akun YouTube Moel moet, dikutip BrilioFood pada Selasa (23/4).

foto: YouTube/Moel moet

Setelah direndam, angkat dan bilas handuk sampai tak ada lagi sisa pembersih. Terakhir jemur atau keringkan handuk, lalu handuk tersebut siap digunakan kembali.

foto: YouTube/Moel moet

Gimana, gampang banget kan trik cuci handuk dekil penuh noda ini? Mengintip unggahan YouTube Moel moet, selain sudah mendapat banyak komentar antusias dari warganet lain, video ini juga sudah ditonton lebih dari 5.000 kali, lho.

 

 

Cara menyimpan baking soda agar tidak menggumpal.

Baking soda yang disimpan di area kurang tepat bisa menggumpal. Tanda baking soda menggumpal biasanya dapat diamati dari sulitnya bahan ini dikeluarkan dari botolnya. Namun, mulai sekarang tak perlu keliru lagi saat menyimpan baking soda karena kamu bisa meniru caranya di bawah ini.

1. Simpan dalam wadah kedap udara.

Gunakan wadah yang kedap udara, seperti toples kaca atau wadah plastik yang rapat, untuk menghindari paparan kelembapan udara yang dapat menyebabkan baking soda menggumpal.

2. Tambahkan benda penyerap kelembapan.

Letakkan benda penyerap kelembapan, seperti sachet silica gel, di dalam wadah bersama dengan baking soda. Benda penyerap kelembapan ini akan membantu menjaga kelembapan di dalam wadah rendah.

3. Jaga suhu penyimpanan.

Pastikan tempat penyimpanan baking soda berada pada suhu kering dan stabil. Hindari menyimpannya di tempat yang lembap atau terkena panas secara langsung.

4. Gunakan sendok kering.

Ketika mengambil baking soda dari wadah, pastikan sendok atau alat pengukur yang digunakan dalam keadaan kering. Kandungan air yang masuk ke dalam baking soda dapat mempercepat pembentukan gumpalan.