Kisah pria gunakan identitas orang lain selama 35 tahun, pemilik nama asli dibuat masuk penjara

Brilio.net - Pada tanggal 1 April 2024, seorang pria bernama Matthew David Keirans yang berusia 58 tahun mengaku bersalah atas tuduhan bahwa dia telah mencuri identitas pria lain. Tidak tanggung-tanggung, Keirans telah menggunakan identitas palsu tersebut selama 35 tahun. Sehingga pemilik identitas asli dibuat masuk penjara dan hingga dimasukkan ke rumah sakit jiwa.

Kierans ditangkap saat bekerja di Rumah Sakit University of Lowa dengan nama William Donald Woods. Nama itulah yang telah ia curi sejak tahun 1988. Sebelumnya ia memang pernah satu tempat kerja dengan pemilik identitas asli di gerobak hot dog di Albuquerque, New Mexico.

Dilansir dari odditycentral.com, tidak diketahui jelas bagaimana Keirans bisa menggunakan nama Woods dalam setiap aspek kehidupannya. Namun, pengadilan mengungkapkan bahwa ia mendapatkan kartu identitas palsu dengan nama dan tanggal lahir Woods pada tahun 1990.

Bahkan pada tahun 1991, ia bisa membeli sebuah mobil pakai identitas palsunya. Alih-alih melunasi tagihan, dua cek yang dikeluarkan atas nama Woods justru tidak jadi dicairkan. Sehingga mobil yang tidak dibayar ini menjadi berstatus mobil curian.

Karena tindakan tersebut, akhirnya polisi setempat menangani kasus ini dan mengejar pria bernama Woods. Meski menjadi incaran, Kierans tetap bisa menjalani kehidupannya dengan aman. Ia menikahi seorang wanita pada tahun 1994 dan bahkan menjadi ayah dari seorang anak bernama belakang Woods.

foto: freepik.com

Pada tahun 2012, penyamaran Kierans semakin dalam dengan identitas palsunya. Bagaimana tidak, ia berhasil memperoleh salinan akta kelahiran Woods secara ilegal dari negara bagian Kentucky. Akta tersebut dibuat menggunakan informasi yang Kierans temukan tentang keluarga Woods di Ancestry.com.

Ia diketahui bekerja di Departemen TI di rumah sakit University of Lowa dengan nama Woods, antara tahun 2016 dan 2022, dia mengambil beberapa pinjaman kendaraan dan uang atas nama Woods dengan total sekitar $200.000. Jika dirupiahkan dengan kurs hari ini, maka total pinjaman sejumlah Rp3.247.340.000.

Angka tersebut cukup fantastis bagi William Donald Woods yang asli. Pada tahun 2019, diketahui bahwa ia adalah seorang tunawisma yang tinggal di Los Angeles. Woods menyadari ada seseorang yang telah berhutang dalam jumlah besar menggunakan kartu kreditnya.

Tidak tinggal diam, ia mencoba menjelaskan kepada pihak bank. Namun, ada pertanyaan keamanan yang disampaikan dari pihak bank kepadanya justru tak bisa dijawab. Sementara bank menghubungi Kierans, yang dianggap sebagai Woods. Kierans pun mampu menjawab semua pertanyaan dari pihak bank.