Tips memilih headphone atau earbud yang baik, pastikan 6 fitur ini ada di dalamnya

Techno.id - Kamu suka mendengarkan musik menggunakan headphone atau earbud? Tentu saja saat ini di pasaran banyak beredar audio gadget dari berbagai jenis dan bentuk yang menawarkan fitur menarik.    

Tidak jarang produsen menawarkan berbagai jargon dengan mebel-embel “terbaik” untuk produknya sehingga membuat kamu bingung memilihnya. Namun tidak usah khawatir, saat ingin membeli headphone atau earbud, sebaiknya kamu perhatikan enam fitur ini.

Jika perangkat tersebut tidak dibekali deretan fitur ini, sebaiknya abaikan saja. Berikut enam fitur yang wajib dimiliki perangkat audio agar kamu bisa mendengarkan music secara maksimal.

1. Beberapa mode ANC

foto: freepik/eyeem

Active Noise Cancelation (peredam kebisingan) adalah pengubah permainan dalam hal menikmati musik di lingkungan yang ramai. Tetapi tidak semua implementasi ANC dibuat sama. Carilah headphone atau earbud yang menawarkan beberapa mode ANC yang disesuaikan untuk skenario yang berbeda.

Misalnya, mode “transparan” yang memungkinkan beberapa kebisingan sekitar untuk disaring. Fitur ini berguna saat kamu harus tetap waspada terhadap lingkungan sekitar. Sementara mode peredam bising yang lebih agresif dapat memberikan perlindungan audio yang menyenangkan saat kamu ingin benar-benar menikmati musim tanpa gangguan. Kemampuan untuk beralih di antara mode ini dengan mulus harus dimiliki perangkat audio.  

2. Masa pakai baterai lebih dari 30 jam

foto: unsplash/john-m-smit

Headphone yang bagus seharusnya tidak perlu diisi dayanya setiap empat jam. Itu membuat perangkat pada dasarnya tidak berguna, terutama jika kamu berencana menggunakannya untuk bepergian.

Jika ingin memastikan kamu tidak pernah kehabisan daya pada saat yang tidak tepat, pilihlah daya tahan baterai yang besar. Misalnya, kamu dapat menggunakan Sennheiser Momentum 4 Wireless yang menawarkan daya tahan baterai hingga 60 jam. Ada juga abra Elite 85h (hingga 85 jam), atau Sony WH-1000XM5 (hingga 30 jam).

3. Sensor

foto: freepik

Sensor keausan mungkin tampak seperti fitur kecil, tetapi sangat berguna, dan tidak cukup banyak headphone yang memilikinya. Sensor ini mendeteksi saat kamu melepas headphone atau earbud dan menjeda musik secara otomatis, memastikan kamu tidak pernah ketinggalan. Saat kamu memasangnya kembali, audio dilanjutkan dengan mulus. Fitur ini juga dapat menghemat masa pakai baterai. Fitur yang kecil, tapi sangat praktis.