Adobe kembangkan GenAI, alat yang bisa mengubah permintaan teks menjadi musik  

Techno.id - Di tengah gebrakan musik AI, Adobe sedang mengembangkan generator musik AI sendiri yang disebut GenAI. Alat ini akan memungkinkan pengguna membuat musik dari prompt teks dan menyempurnakan hasilnya. Lantas, dari mana GenAI bisa mendapatkan data audionya? 

Belum lama ini Adobe mengumumkan generator tenaga AI, Project Music GenAI Control, yang menjanjikan cara lebih efisien dan menyenangkan untuk memasukkan musik ke dalam pembuatan konten. GenAI akan memungkinkan pengguna menghasilkan musik dengan prompt teks sederhana atau melodi referensi, dan kemudian lebih menyempurnakan kreasi mereka menggunakan berbagai fitur pengeditan.

Prototipe Kontrol Project Music GenAI saat ini sedang dikembangkan bekerja sama dengan para peneliti di University of California dan Carnegie Mellon University. Hingga saat ini masih belum ada informasi tentang peluncuran resminya dan apakah itu akan menjadi aplikasinya sendiri atau diintegrasikan ke dalam perangkat lunak Adobe seperti Premiere Pro.

foto: techno.id/yani andriyansyah/copilot designer

Seperti model AI generatif Adobe Firefly, pengguna menulis prompt teks, seperti “smooth jazz”, atau mengunggah melodi referensi, dan menunggu AI menghasilkan audio. Mengikuti pembuatan audio AI, kamu dapat menggunakan parameter untuk mengubah tempo, struktur, dan intensitas, serta memperpanjang klip dan membuat loop tanpa batas.

Seperti yang dikatakan Nicholas Bryan, Ilmuwan Riset Senior di Adobe Research, dalam siaran persnya, salah satu hal menarik tentang alat baru ini adalah tidak hanya menghasilkan audio, tetapi dapat membentuk, mengubah, dan mengedit audio. Ini semacam kontrol tingkat piksel untuk musik.

Kontrol terintegrasi ini tidak hanya mengungguli alat musik AI lainnya seperti MusicLM, tetapi juga menghilangkan kebutuhan akan perangkat lunak pengedit audio eksternal. GenAI dapat menjadi pengubah permainan bagi YouTuber, podcaster, dan berbagai pembuat konten yang mencari loop sederhana dan penyesuaian audio dasar.