Bukan direndam air panas, trik cepat kupas bawang merah ini tak perlu satu-satu dan tanpa drama nangis

Brilio.net - Hidangan khas Nusantara nggak bisa lepas dari aneka bumbu rempah, salah satunya adalah bawang merah. Rempah dapur satu ini terkenal punya rasa gurih dan aromanya nikmat. Selain dicampur dalam masakan, bawang merah juga kerap digoreng untuk dijadikan garnish atau taburan hidangan.

Sebelum diolah, bawang merah harus dikupas terlebih dahulu. Meski terlihat mudah, proses mengiris bawang merah justru jadi PR tersendiri. Pasalnya, dilansir dari customs.go.jp, bawang merah yang dikupas dan diiris ini bisa mengeluarkan enzim yang dapat berubah jadi asam sulfat saat berada di udara. Nah, enzim inilah yang menyebabkan mata perih akibat iritasi dan mengeluarkan air mata. Nggak cuma itu, kalau takaran bawang merah banyak, tentu kamu menghabiskan waktu lama untuk proses pengupasan.

Sebagai solusinya, sejumlah orang sengaja merendam bawang merah terlebih dahulu ke dalam air panas sebelum dikupas. Selain bikin mata nggak perih, cara tersebut juga bisa melunakkan kulit bawang merah. Dengan begitu, bahan masakan satu ini pun jadi gampang dikupas.

Namun demikian, masih ada cara lain selain merendam bawang merah ketika kamu inin mengupasnya, lho. Seorang warganet, pengguna YouTube Lilis Rahma membagikan cara praktis dan jitu mengupas bawang merah dalam takaran banyak. Selain cepat, cara ala penghuni dunia maya satu ini juga nggak membuat kamu merasa perih saat mengupas bawang merah.

Penasaran bagaimana caranya?