Tak perlu asam Jawa, ini trik merebus daun pepaya agar tak pahit cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Daun pepaya merupakan salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Daun satu ini disantap sebagai lalapan bersama nasi dan lauk rumahan lainnya. Namun sebelum dimakan, daun pepaya harus direbus terlebih dahulu agar teksturnya lebih empuk. Selain itu, proses perebusan daun pepaya juga bertujuan untuk mengurangi rasa pahitnya.

Merebus daun pepaya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu merebusnya dengan air sampai matang dan empuk. Tapi, jika daun pepaya tidak direbus dengan cara yang tepat, nantinya rasa pahit belum menghilang. Nah untuk menghilangkannya, sejumlah orang pun menambahkan asam Jawa saat merebus daun pepaya.

Tapi kalau stok asam Jawa di rumah sedang habis, kamu nggak perlu khawatir karena masih ada trik lain yang bisa dicoba. Seperti trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube Gilbams Kitchen. Lewat videonya, ia menunjukkan cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya dengan mengandalkan dua bahan dapur.

foto: YouTube/Gilbams Kitchen

Dilansir BrilioFood pada Sabtu (20/4), bahan dapur yang dimaksud adalah garam dan jeruk nipis. Pertama-tama, siapkan lima lembar daun pepaya yang daunnya lebar dan besar. Setelah itu, cuci bersih daun pepaya. Siapkan juga air di dalam panci.