Cara mudah yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah

Cara bersihkan noda kerak wastafel agar kinclong.

Yang pertama harus dilakukan yakni siapkan baking soda dan sabun cuci piring. Yup, itulah dua bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik bersihkan noda kerak wastafel ini. Taburi wastafel dengan baking soda terlebih dahulu, baru tuang sabun cuci piring secukupnya.

foto: TikTok/@putuvindya

Setelah itu, gosok seluruh bagian wastafel dengan spons kasar. Pemilik akun TikTok @putuvindya, menjelaskan, kamu juga bisa menggosoknya pakai sabut kawat atau sikat gigi bekas.

"Gosok pelan aja udah keangkat kotorannya," tegas pemilik akun TikTok @putuvindya, dikutip BrilioFood pada Jumat (19/4).

Terakhir, bilas wastafel dengan air mengalir hingga tak ada lagi sisa baking soda dan sabun cuci piring. Lihat, hasilnya wastafel jadi lebih kinclong, kan?

foto: TikTok/@putuvindya

Kalau kamu, tertarik mencoba trik membersihkan wastafel seperti ini atau punya trik lain? Mengintip unggahan TikTok @putuvindya, memang belum banyak warganet meninggalkan komentar, tapi video ini sudah mendapat antusias lebih dari 7.000 viewers, lho.

@putuvindya Clean hack for sink #cleantok ♬ original sound - Vindya

 

 

Cara membersihkan spons cuci piring.

Spons cuci piring memang sangat berguna untuk membantu membersihkan alat masak, alat makan, sampai wastafel. Tetapi, sebaiknya spons cuci piring juga dibersihkan secara rutin supaya tidak menumpuk kuman. Berikut cara membersihkan spons cuci piring yang bisa kamu coba di rumah.

1. Rendam dalam larutan pembersih.

Rendam spons dalam larutan air hangat dengan beberapa tetes cairan pembersih piring atau deterjen. Biarkan spons meresap selama beberapa menit, kemudian bilas bersih dengan air bersih.

2. Microwave.

Basahi spons dengan air, pastikan tidak ada sisa makanan yang menempel. Letakkan spons di dalam microwave dan panaskan selama 1-2 menit pada kekuatan tinggi. Proses ini dapat membunuh banyak kuman yang ada di spons. Pastikan spons dalam keadaan basah sebelum dimasukkan ke dalam microwave untuk mencegah terjadinya kebakaran.

3. Rendam dalam larutan desinfektan.

Buat larutan desinfektan dengan menggunakan pemutih atau cairan pembersih lainnya yang mengandung bahan aktif pembunuh kuman. Rendam spons dalam larutan ini selama beberapa menit, kemudian bilas bersih dengan air bersih.

4. Mengganti secara rutin.

Spons cuci piring sebaiknya diganti secara rutin, misalnya setiap minggu atau dua minggu sekali, tergantung pada seberapa sering digunakan. Penggantian secara rutin akan membantu mencegah penumpukan kuman yang berlebihan.