Mudah dipraktikkan di rumah

Trik mencuci lap dapur berminyak pakai bahan dapur.

Pertama-tama, siapkan sebuah wadah baskom. Kemudian masukkan lap dapur yang kotor dan berminyak ke dalam wadah tersebut. Pengguna TikTok tersebut tampak memisahkan lap dapur yang dekil.

foto: TikTok/@ay.d.l

"Letakkan di loyang. Nah ini aku pisahin yg kotor minyak dan kotor karena kerjaan bangunan hehe," terangnya.

Jika sudah, siapkan wadah kecil untuk membuat racikan bahan pembersih. Selanjutnya, masukkan satu bungkus sitrun dan detergen bubuk secukupnya.

foto: TikTok/@ay.d.l

Tambahkan juga sabun cuci piring secukupnya. Bahan dapur inilah yang nantinya bisa membuat lap dapur berminyak jadi bersih kembali. Aduk semua bahan pembersih agar tercampur rata. Setelah itu, pengguna TikTok tersebut juga mendidihkan air di panci.

"Rebus air sampai mendidih untuk disiram nanti di lap dapur tadi," imbuhnya.

foto: TikTok/@ay.d.l

Setelah air mendidih, tuang ke dalam baskom berisi lap dapur yang kotor. Masukkan juga racikan bahan pembersih yang tadi. Kamu bisa mengaduknya dengan bantuan alat agar racikan pembersih dan air panas bisa tercampur rata.

"Lalu tunggu 15-30 menit dan bakal kaget lihat hasilnya," katanya.

foto: TikTok/@ay.d.l

Setelah selesai direndam selama 15-30 menit, cuci bersih lap dapur dan bilas sampai benar-benar bersih. Selanjutnya, jemur sampai kering. Lap dapur pun sudah wangi dan noda minyak sudah benar-benar luntur.

"Semua kotoran dah lenyap dan wangi sangat lap dapur ini," tutupnya.

 

Cara mencuci lap dapur agar tidak merusak serat kain.

Untuk mencuci lap dapur tanpa merusak serat kain, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pisahkan lap yang terkontaminasi.

Pisahkan lap yang digunakan untuk membersihkan permukaan yang berminyak atau kotor dengan lap yang digunakan untuk membersihkan permukaan yang lebih bersih.

2. Gunakan air dingin atau hangat.

Gunakan air dingin atau hangat untuk mencuci lap dapur. Air panas dapat merusak serat kain dan menyebabkan menyusut.

3. Gunakan deterjen yang lembut.

Gunakan deterjen yang lembut dan aman untuk serat kain. Hindari penggunaan pemutih atau bahan kimia keras yang dapat merusak kain.

4. Jangan menggunakan pelembut pakaian.

Hindari menggunakan pelembut pakaian saat mencuci lap dapur, karena pelembut dapat meninggalkan residu yang dapat merusak serat kain dan menyebabkan lap menjadi kurang efektif menyerap.

5. Jangan menggunakan mesin pengering.

Hindari mengeringkan lap dapur dengan mesin pengering, karena panas tinggi dapat merusak serat kain. Sebaiknya jemur lap di tempat yang teduh dan berangin.

6. Jangan menggunakan suhu air yang terlalu tinggi.

Hindari mencuci lap dengan air yang terlalu panas, karena suhu tinggi juga dapat merusak serat kain.

7. Jemur dengan tepat.

Setelah dicuci, jemur lap dengan cara yang benar, yaitu menjemurnya dengan rata dan tidak terkena sinar matahari langsung.