Mudah dipraktikkan di rumah

Cara hilangkan noda di baju putih.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @creative_explained, Jumat (19/4), tiga bahan dapur yang dipakai adalah baking soda, air perasan jeruk lemon, dan cuka putih. Agar bersih maksimal, ia juga menambahkan sabun cuci piring secukupnya sebagai campuran pembersih.

foto: Instagram/@creative_explained

Selanjutnya, tambahkan air dan aduk-aduk larutan pembersih sampai tercampur sempurna. Setelah dicampurkan, tampak gelembung-gelembung kecil terbentuk dengan sendirinya.

foto: Instagram/@creative_explained

Kalau sudah, langsung tuang larutan pembersih ke noda membandel di baju putih. Tanpa perlu tambahan deterjen, langsung sikat baju putih pakai sikat gigi bekas atau sikat baju.

foto: Instagram/@creative_explained

Tanpa perlu waktu lama, noda membandel di baju putih langsung tampak samar bahkan hilang tak tersisa. Bukan tanpa alasan, dilansir dari livescience.com, kandungan pH di baking soda dan cuka adalah kuncinya. Karena memiliki pH yang berlawanan, kedua bahan ini justru ampuh hilangkan noda membandel saat disatukan jadi larutan pembersih.

Kalau dirasa sudah cukup bersih, keringkan baju putih dengan tisu. Caranya, usap tisu kering tepat di atas noda membandel. Hasilnya, baju putih kembali bersih maksimal, nggak ada lagi bagian yang kotor karena adanya noda membandel.

foto: Instagram/@creative_explained

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Armen Adamjan (@creative_explained)

 

 


Cara menyimpan baking soda yang sudah dibuka agar awet tahan lama.

Ada beberapa cara yang dapat membantu kamu menyimpan baking soda yang sudah dibuka agar tetap segar dan efektif:

1. Kemasan udara.

Setelah membuka kemasan baking soda, pastikan untuk menutupnya kembali dengan rapat setelah digunakan. Hal ini membantu mencegah masuknya udara ke dalam kemasan yang dapat membuat baking soda menjadi lembap dan cepat menyerap kelembapan dari udara, mengurangi efektivitasnya.

2. Wadah kedap udara.

Jika baking soda datang dalam kemasan yang tidak kedap udara, pertimbangkan untuk mentransfernya ke wadah kedap udara setelah membukanya. Wadah kedap udara seperti toples kaca atau wadah plastik kedap udara bisa membantu menjaga baking soda tetap segar lebih lama.

3. Simpan di tempat sejuk dan kering.

Jaga baking soda tetap disimpan di tempat yang sejuk dan kering, seperti lemari atau dapur yang tidak terkena sinar matahari langsung. Suhu yang tinggi atau kelembapan dapat mempercepat dekomposisi baking soda.

4. Hindari kontaminasi.

Pastikan untuk menggunakan sendok atau alat pengukur yang bersih dan kering ketika mengambil baking soda dari wadahnya. Hindari mentransfer kelembapan atau kontaminan lainnya ke dalam wadah baking soda.

5. Perhatikan tanggal kedaluwarsa.

Meskipun baking soda cenderung memiliki umur simpan yang panjang, tetaplah memeriksa tanggal kedaluwarsa pada kemasannya dan gunakan sebelum tanggal tersebut untuk hasil terbaik.