Microsoft hentikan dukungan untuk Windows 10 tahun depan, ini risiko jika tetap menggunakannya

Techno.id - Saat ini masih banyak bisnis, sekolah, dan individu yang menggunakan Windows 10. Kendati saat ini tidak akan menimbulkan masalah, namun ketika dukungan Windows 10 berakhir pada tahun 2025, apa yang akan terjadi pada pengguna.  

Meski Windows 10 adalah layanan operasi desktop Windows yang paling popular, tetapi Microsoft telah memutuskan akan mengakhiri dukungan untuk platform yang sangat disukai ini pada 14 Oktober 2025. Bersamaan dengan kemungkinan insentif finansial, Microsoft ingin memusatkan perhatiannya pada produk-produknya yang lebih baru, seperti Windows 11 yang memiliki fungsionalitas lebih mutakhir dan fitur kinerja yang lebih baik.

Terlebih lagi, di dunia teknologi dan dunia maya yang berkembang pesat saat ini, produk Microsoft yang lebih baru memiliki fitur keamanan yang lebih kuat. Apalagi saat ini mencuat kabar jika Windows 12 mungkin akan tiba pada akhir 2024 atau awal 2025. Tidak mengherankan jika inilah saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal pada Windows 10.

Apakah pengguna masih dapat memanfaatkan Windows 10 setelah Oktober 2025?

foto: freepik/hogrothman

Sejauh ini, rincian hanya dirilis untuk organisasi dan lembaga pendidikan. Informasi lebih rinci akan diterbitkan pada Oktober 2024, setahun sebelum dukungan umum berakhir. Apa pun yang terjadi, untuk terus menggunakan Windows 10 dengan aman setelah batas waktu, maka kamu harus membayar pembaruan keamanan yang diperpanjang (extended security updates/ESU). Jika mengikuti rute ini, kamu harus memeriksa apakah menggunakan Windows 10, versi 22H2.

Lebih khusus lagi, ESU akan menyertakan pembaruan keamanan penting untuk PC Windows 10. Namun, mereka tidak akan menawarkan fitur baru dan perubahan desain. Kamu juga tidak akan menerima dukungan teknis regular. Dukungan teknis hanya tersedia jika kamu memerlukan bantuan untuk mengaktifkan dan menginstal ESU.

Harga untuk ESU diperkirakan bervariasi. Untuk organisasi sebesar USD61 (atau sekitar Rp987 ribu) untuk tahun pertama, USD122 (atau sekitar Rp1,9 jutaan) untuk tahun kedua, dan USD244 (atau sekitar Rp3,9 jutaan) untuk tahun ketiga. Sementara untuk lembaga Pendidikan sebesar USD1 (atau sekitar Rp16 ribuan) untuk tahun pertama, USD2 (atau sekitar Rp32 ribuan) untuk tahun kedua, dan USD4 (atau sekitar Rp64 ribuan) untuk tahun ketiga.

Sayangnya, untuk pelanggan pribadi atau individu, Microsoft belum merilis biaya resminya. Kemungkinan harga untuk pelanggan pribadi akan berada di antara harga untuk organisasi dan lembaga pendidikan. Perlu dicatat bahwa kamu tidak bisa mendapatkan ESU lebih dari tiga tahun setelah 14 Oktober 2025.

Kamu juga tidak dapat membayar sebagian dukungan seperti langganan enam bulan. Terlebih lagi, jika kamu memutuskan untuk mengikuti program ESU di tahun kedua atau ketiga, kamu harus membayar selama tiga tahun tersebut, karena ESU bersifat kumulatif.  

Setidaknya, kamu masih dapat menggunakan Windows 10 setelah Oktober 2025, tetapi harus mengambil tindakan untuk memastikan mendapatkan pembaruan keamanan. Pada akhirnya, ESU hanyalah solusi jangka pendek dan mahal.