Gangguan kecemasan jadi awal autoimun, Erika Carlina alami kesemutan otak hingga kepala botak

Brilio.net - Biasa perlihatkan unggahan kebahagiaan, Erika Carlina baru-baru ini mengabarkan hal yang kurang menyenangkan di laman Instagram-nya. Selebgram yang kini merambah ke dunia akting ini mengungkapkan jika hingga kini dia masih terus berjuang melawan sakitnya. Wanita yang akrab disapa mbak Er diketahui mengidap penyakit autoimun.

Setelah sekian lama tak merasakan gejalanya, Erika kembali merasakan gejala penyakit yang sudah menyerang tubuhnya selama tiga tahun tersebut. Gejala yang dirasakannya yakni kesemutan dan kepala mengalami kebotakan. Kondisi ini dia kisahkan lewat unggahan Stories Instagram-nya. Disebutkan, jika kondisi tersebut muncul karena dia mengalami stress.

erika carlina sebut stress awal autoimun
Instagram/@eri.carl

"Sudah tiga tahun aku berjuang dengan penyakit autoimunku. Dan sekarang, baru merasakan gejala itu lagi. Triggernya bisa dari apa aja termasuk stress atau banyak pikiran. Otak bisa kesemutan dan kepala bisa botak (ini gejala yang menyerang tubuhku)," kata Erika Carlina pada unggahan Selasa (16/4/2024).

Meskipun dalam kondisi yang kurang baik, namun Erika juga memberikan semangat kepada teman-teman lain yang mengalami penyakit serupa. Dia berharap agar teman-teman yang lain tak menganggap remeh penyakit ini. Kendati tak terlihat seperti orang sakit, namun nyatanya Erika tengah berjuang melawan penyakitnya.

"Jangan pernah anggap remeh autoimmune, kalau kamu memang pengidap, minta tolong orang sekitarmu untuk menyadari dulu bahaya dari autoimmune ini di diri kamu. Biar kamu dan sekitarmu lebih aware," ujar Erika Carlina.