Mudah dipraktikkan di rumah

Trik cuci kain pel bau amis agar wangi segar.

Seorang pengguna Instagram @asi.siswandari pernah membeberkan bahan dapur yang digunakan untuk mencuci kain pel yang bau amis. Bukan dengan sabun cuci piring, dia justru mengandalkan bahan dapur lain. Dilansir BrilioFood pada Jumat (19/4), bahan dapur yang dimaksud adalah garam dan baking soda.

Pada dasarnya, garam dan baking soda memiliki sifat yang dapat membantu menghilangkan bau amis pada kain pel. Kedua bahan dapur ini memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengontrol pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau. Selain itu, baking soda memiliki kemampuan menyerap bau yang baik. Ketika digunakan pada kain pel, baking soda dapat menyerap dan menghilangkan bau amis yang terperangkap di dalamnya.

foto: Instagram/@asi.siswandari

Untuk cara mencucinya, kamu bisa langsung menuang air ke dalam ember. Alih-alih menggunakan air suhu ruang, sebaiknya gunakan air panas agar bersih maksimal. Setelah itu, masukkan 1 sdm garam dan 1 sdm baking soda ke dalam ember. Jika sudah, tambahkan sedikit detergen.

foto: Instagram/@asi.siswandari

Selanjutnya, masukkan kain pel yang hendak dicuci. Lalu tekan dan aduk-aduk agar semua bahan tercampur merata serta meresap sempurna ke serat kain. Jika sudah, diamkan dan rendam kain pel selama kurang lebih 1 jam atau sampai airnya mulai dingin.

Nah, kain pel yang sudah direndam bisa langsung diperas dan dibilas dengan air biasa. Jangan lupa keringkan kain pel agar tak lembap dan semakin wangi segar. Dengan begitu, kain pel yang sudah wangi akan semakin nyaman digunakan untuk membersihkan lantai dan tentunya bikin rumah semakin harum.

foto: Instagram/@asi.siswandari

Sejak diunggah pada 2 April lalu, video tentang trik cuci kain pel bau amis ini telah ditonton lebih dari 9.000 kali. Menilik kolom komentar, banyak pengguna Instagram lain yang tertarik untuk mencoba trik tersebut. Bahkan tidak sedikit juga yang takjub bahwa ada bahan dapur yang dapat membantu melunturkan kotoran di kain pel.

"Seketika kotorannya berguguran ya mba Asii, pengen cobain juga ah nanti," ujar Instagram @n.ayutifani.

"Wahhh mau coba ah suka bau amis, makasih mba," papar Instagram @mitaparanita.

"Kotorannya luntur ya mb," sahut Instagram @nurrin_nurrinawati.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Asi Siswandari (@asi.siswandari)

 


Manfaat garam dapur untuk kecantikan.

Garam dapur tidak hanya berguna di dapur, tetapi juga memiliki manfaat yang menarik untuk kecantikan. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Scrub alami.

Garam dapur bisa digunakan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Campurkan garam dengan minyak almond atau minyak zaitun untuk membuat scrub yang efektif.

2. Mengurangi ketombe.

Campurkan garam ke dalam sampo Anda saat mencuci rambut untuk membantu mengurangi ketombe dan membersihkan kulit kepala.

3. Menghilangkan bengkak di wajah.

Larutkan garam dalam air hangat dan gunakan sebagai kompres untuk mengurangi bengkak di wajah.

4. Pembersih kulit.

Garam dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah.

5. Penghilang bau kaki.

Rendam kaki dalam air garam dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada kaki.

6. Mengobati jerawat.

Garam dapat digunakan sebagai bahan dalam masker wajah untuk membantu mengeringkan jerawat.

7. Mengencangkan kulit.

Mandi dengan air garam dapat membantu mengencangkan kulit dan meningkatkan tekstur kulit.

8. Pemutih gigi.

Campurkan garam dengan sedikit air untuk membuat pasta gigi alami yang dapat membantu memutihkan gigi.

9. Mengatasi bibir kering.

Campurkan garam dengan sedikit minyak kelapa dan oleskan pada bibir untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.