Bagi kamu yang ingin mencoba bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini

Seperti yang dilakukan oleh pengguna akun Instagram @resepzaidulakbar_. Dalam short video tersebut, pemilik akun membuat ramuan minuman yang terbuat dari daun mangkokan dan madu murni.

Daun mangkokan (Phyllanthus niruri) adalah tanaman yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional karena kandungan senyawa aktifnya. Daun mangkokan dikenal memiliki sifat detoksifikasi yang membantu membersihkan racun dari dalam tubuh. Dengan membersihkan racun, dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya bau badan yang tidak sedap.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun mangkokan memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau badan saat dikonsumsi secara teratur.

Sedangkan tambahan madu murni mampu melawan bakteri karena adanya sifat antibakteri. Tak hanya itu, madu juga bisa menyegarkan napas dan mengatasi bau badan asam yang berasal dari mulut.

Itulah manfaat dari kedua bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara membuat ramuan minuman untuk atasi bau badan asam? Bagi kamu yang ingin mencoba, bisa mengikuti langkah-langkahnya yang briliobeauty.net lansir dari pengguna Instagram @resepzaidulakbar_, Rabu (17/4).

Bahan dan alat:

foto: Instagram/@resepzaidulakbar_

- 5 lembar daun mangkokan
- 1 gelas air putih
- Panci
- 1 sendok makan madu

Cara membuat:

foto: Instagram/@resepzaidulakbar_

1. Siapkan panci di atas kompor.
2. Tuangkan segelas air putih.
3. Rebus daun mangkokan yang sudah dipotong-potong dan dicuci, selama lima menit.
4. Tunggu hingga dingin.
5. Tuangkan ke dalam gelas bersih.
6. Tuangkan madu murni dan aduk hingga tercampur rata.
7. Konsumsi ramuan tersebut setiap hari agar bau badan asam hilang.

Apakah daun mangkokan bisa hilangkan bau mulut?

Daun mangkokan tidak hanya bisa menghilangkan bau badan asam, bahan alami ini juga bisa mengatasi bau mulut tak sedap. Daun mangkokan mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat antimikroba. Kandungan tersebut diklaim bisa membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut yang menyebabkan bau tidak sedap.

Tak hanya itu, daun mangkokan juga punya sifat antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan di dalam mulut. Mengunyah daun mangkokan secara langsung atau menggunakan air rebusannya bisa membersihkan sisa makanan, bakteri, dan plak dari mulut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by dr.Zaidulakbar Fanbase (@resepzaidulakbar_)