Gampang Ditiru.

Cara mudah agar karpet semakin bersih dan wangi pakai tambahan 1 bahan dapur.

Bahan dapur yang dimaksud adalah baking soda. Baking soda dikenal cukup ampuh untuk mengangkat noda dan menyerap bau pada permukaan benda. Selain baking soda, pengguna Instagram tersebut juga menambahkan essential oil. Nah, untuk membuat bahan pembersih ini juga cukup mudah.

foto: Instagram/@mikapratisha

Pertama, siapkan sebuah wadah. Lalu tuang 2 sdm baking soda dan tambahkan 3 tetes essential oil. Aduk hingga kedua bahan tercampur rata.

foto: Instagram/@mikapratisha

"Takaran bisa disesuaikan dengan bidang karpet. Taburkan pada permukaan karpet, diamkan 30 menit-1 jam," tulisnya.

Setelah didiamkan selama beberapa saat, karpet pun dibersihkan dengan vacuum cleaner. Jika tidak ada mesin vacuum di rumah, kamu juga bisa menggunakan sapu lidi untuk membersihkan sisa baking soda pada permukaan karpet.

foto: Instagram/@mikapratisha

"Bisa menggunakan sapu atau dikibas-kibaskan," tambahnya.

Setelah dibersihkan, bau apek pada karpet pun langsung hilang. Tampilan karpet jadi lebih bersih dan aromanya semakin wangi. Kamu juga nggak perlu repot menyikat karpet dan menjemurnya berhari-hari sampai kering.

Gimana, trik satu ini cukup mudah dan praktis bukan?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Athien | Homedecor | Tips simple (@mikapratisha)

 

Cara merawat kebersihan karpet.

Untuk merawat kebersihan karpet, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Vakum secara rutin.

Vakum karpet secara rutin untuk menghilangkan debu, kotoran, dan serpihan yang menempel pada serat karpet. Lakukan setidaknya seminggu sekali atau lebih sering jika karpet sering digunakan.

2. Bersihkan noda dengan cepat.

Segera bersihkan noda atau tumpahan pada karpet dengan kain lap bersih atau tisu basah. Hindari menggosok noda karena hal itu dapat membuatnya meresap lebih dalam ke dalam serat karpet.

3. Gunakan pembersih karpet.

Gunakan pembersih karpet yang sesuai untuk membersihkan noda yang sulit dihilangkan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan pembersih.

4. Cuci karpet secara berkala.

Cuci karpet secara berkala dengan mesin cuci karpet atau menggunakan jasa pembersihan karpet profesional. Hal ini dapat membantu menghilangkan kotoran yang sulit dijangkau oleh vakum biasa.

5. Keringkan dengan baik.

Pastikan karpet benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Kekurangan kelembapan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau bau tidak sedap pada karpet.

6. Gunakan pelindung karpet.

Gunakan pelindung karpet di area yang sering digunakan atau rawan tumpahan untuk mencegah kerusakan dan memudahkan dalam membersihkan noda.

7. Jaga kebersihan ruangan.

Selain merawat karpet, jaga kebersihan ruangan secara keseluruhan untuk mencegah debu dan kotoran menumpuk pada karpet.