Cepat Dan Ampuh.

Trik mengepel lantai agar kesat dan wangi hingga 2 minggu pakai 2 bahan dapur.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @casanaf_ pada Selasa (16/4), pengguna Instagram tersebut mengaku mengandalkan dua bahan dapur, yakni garam dan sabun cuci piring. Nah, alih-alih menggunakan air panas, dia memilih mencampur bahan-bahan tersebut dengan air hangat agar lebih mudah diperas dengan tangan. Selain itu, cairan pembersih lantai juga turut digunakan untuk mengepel lantai.

foto: Instagram/@casanaf_

Nah, cara meracik dan menggunakannya pun cukup mudah. Dalam ember, tuang air hangat secukupnya. Lalu masukkan cairan pembersih lantai, sabun cuci piring, dan garam dapur secukupnya saja. Jika sudah, aduk-aduk semua bahan tadi sampai tercampur rata.

foto: Instagram/@casanaf_

Selanjutnya, celupkan kain pel ke dalam ember. Tekan-tekan dan peras airnya sedikit. Lalu gunakan kain pel tersebut untuk mengepel lantai. Nah, penggunaan sejumlah bahan ini akan membuat lantai rumah lebih kesat dan wangi tahan lama, lho. Tak hanya itu, penggunaan cairan pembersih ini juga bikin lantai mudah kering.

"Lakukan cara ini cukup 1-2 kali dalam sebulan, ya," terang Instagram @casanaf_ lebih lanjut.

foto: Instagram/@casanaf_

Unggahan tentang trik mengepel lantai ini telah ditonton lebih dari 419 ribu kali sejak diunggah pada Minggu (14/4) lalu. Siapa sangka, banyak warganet yang mengaku bahwa trik ini memang ampuh membuat lantai jadi lebih kesat dan wangi. Bahkan beberapa di antaranya mengaku sudah berhasil menerapkan trik tersebut.

"Aku juga suka pakai cara ini," papar Instagram @rumah.shaquille.

"Waaah nice tips nih buat diriku yang hobby ngepel," ujar Instagram @rumahtumbuhaqr.

"Aku juga pakai cara ini mba....keset dan kinclong ya mba," ungkap Instagram @ratna_blitar.

"waah makasih tipsnyaaa mba.. pas sekali drumah lantai lengket2 masih suasana lebaran udeeeh," sahut Instagram @andinurfadilah42..

"Aku pake tips ini beneran langsung kinclong mba," kata Instagram @alvahomecraft.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Fitrah Nur Rahma (@casanaf_)

 

Manfaat garam untuk kebutuhan rumah tangga.

Garam adalah bahan dapur yang sangat serbaguna dan memiliki banyak manfaat untuk kebutuhan rumah tangga. Berikut adalah sembilan manfaat garam yang berguna.

1. Menghilangkan bau.

Garam dapat digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap, seperti bau pada cutting board atau bau di lemari es. Cukup taburkan sedikit garam dan lap permukaan dengan kain lembut.

2. Membersihkan peralatan masak.

Garam bisa digunakan sebagai pembersih alami untuk peralatan masak yang berminyak atau berlemak. Campur garam dengan sedikit air untuk membuat pasta, lalu gunakan pasta tersebut untuk membersihkan peralatan masak.

3. Menghilangkan noda.

Garam juga efektif dalam menghilangkan noda pada kain atau permukaan lainnya. Campur garam dengan cuka atau air untuk membuat pasta pembersih yang dapat menghilangkan noda dengan mudah.

4. Mengatasi sengatan serangga.

Garam dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat sengatan serangga. Cukup campurkan garam dengan sedikit air dan oleskan pada area yang terkena sengatan.

5. Membuat udara lebih segar.

Letakkan mangkuk kecil berisi garam di sudut ruangan untuk menyerap kelembapan dan bau yang tidak sedap, sehingga udara di ruangan menjadi lebih segar.

6. Membersihkan kerak di panci.

Garam dapat digunakan untuk membersihkan kerak yang menempel di panci atau wajan. Cukup taburkan garam di permukaan yang kotor, tambahkan sedikit air, dan gosok dengan spons atau kain.

7. Membuat lemari es lebih dingin.

Letakkan sedikit garam di dalam lemari es untuk membantu menjaga suhu lebih dingin dan mencegah bau yang tidak sedap.

8. Mengawetkan makanan.

Garam dapat digunakan untuk mengawetkan makanan, seperti membuat acar atau mengawetkan daging. Garam menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan makanan cepat rusak.

9. Membuat sabun lebih efektif.

Campurkan sedikit garam ke dalam sabun cuci piring untuk membuatnya lebih efektif dalam menghilangkan minyak dan lemak yang sulit dibersihkan.