50 Contoh kata-kata sulit dalam bahasa Indonesia, lengkap dengan sinonim dan penjelasan maknanya

Brilio.net - Untuk mempelajari beragam kosakata dalam bahasa Indonesia, seseorang sebaiknya mengadopsi pendekatan yang terstruktur dan holistik. Pertama-tama, penting untuk memiliki sumber referensi yang kaya akan kata-kata, seperti buku, artikel, atau sumber daring. Dengan membaca secara rutin, seseorang dapat menemui contoh kata-kata sulit dalam bahasa Indonesia secara alami yang meningkatkan pemahaman kosakata.

Selain itu, menggunakan kamus atau aplikasi kamus daring juga merupakan langkah yang sangat bermanfaat. Saat menemui contoh kata-kata sulit dalam bahasa Indonesia, sebaiknya dicari definisi, sinonim, dan contoh penggunaan dalam kalimat. Hal ini tentu akan membantu memahami makna dan konteks penggunaan kata tersebut. Jika seseorang menemui contoh kata-kata sulit dalam bahasa Indonesia seperti "analogi" dalam bacaan, kamu dapat merinci definisinya dan mencari contoh-contoh penggunaan yang relevan.

Praktik aktif juga jadi kunci dalam memperluas kosakata. Dengan memperkaya kosakata, seseorang dapat membuat daftar kata-kata sulit dalam bahasa Indonesia yang mereka temui dan mencoba mengaplikasikannya dalam percakapan sehari-hari, atau menulis kalimat-kalimat untuk melatih penggunaannya. Misalnya, kata "epistemologi" dapat diaplikasikan dalam kalimat seperti “pemahaman epistemologi menjadi penting dalam dunia akademis."

Selain itu, bergabung dengan kelompok belajar atau forum bahasa Indonesia online juga dapat membantu. Melalui interaksi dengan orang lain, seseorang dapat bertukar informasi, memperoleh saran, dan terlibat dalam diskusi yang dapat memperkaya kosakata mereka. Dengan pendekatan ini, pembelajaran kosakata tidak hanya menjadi tugas individual, tetapi juga pengalaman sosial yang mendukung perkembangan kemampuan berbahasa.

Dengan konsistensi dan keragaman dalam pendekatan ini, seseorang dapat secara efektif meningkatkan dan mendiversifikasi kosakata mereka dalam bahasa Indonesia. Nah, untuk menambahan pemahamanmu tentang kata-kata sulit dalam bahasa Indonesia, kamu bisa menyimak artikel berikut ini sampai habis.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (4/12), ini dia 50 contoh kata-kata sulit dalam bahasa Indonesia, lengkap dengan sinonim dan penjelasan maknanya.

Pengertian kata-kata sulit dalam bahasa Indonesia.

foto:freepik.com

Kata-kata sulit dalam bahasa Indonesia adalah istilah atau kata-kata yang kompleks, tidak umum digunakan dalam percakapan sehari-hari, atau memiliki arti yang tidak langsung terpahami. Pengertian sulitnya sebuah kata bisa bervariasi tergantung pada tingkat pemahaman seseorang terhadap bahasa Indonesia.

Namun, secara umum, kata-kata sulit seringkali terkait dengan istilah teknis, bahasa formal, atau bahkan kata-kata serapan dari bahasa asing yang belum umum dipahami.