Bukan bawang, ini trik bikin semprotan pembasmi hama bakteri & jamur di pohon cabai dari 1 bumbu dapur

Brilio.net - Cabai sering digunakan sebagai bumbu pada berbagai hidangan, baik khas Nusantara sampai mancanegara. Jenis cabai pun bermacam-macam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Dari banyaknya jenis cabai, cabai rawit sepertinya jadi favorit kebanyakan orang di Indonesia yang gemar dengan masakan pedas, karena tingkat rasa pedas cabai ini dianggap pas dan cocok di lidah.

Namun, harga cabai di pasaran terkadang sangat tinggi, sehingga bikin banyak orang ogah membelinya di pasaran. Sebagai gantinya, banyak orang yang memilih menanam pohonnya di pekarangan rumah. Sehingga, kalau ingin masak pakai cabai, buah satu ini tinggal dipetik dari pohonnya. Hal ini sudah pasti bikin isi dompet tetap aman, kan?

Pohon cabai pun mudah ditanam dari biji buahnya saja, sehingga kamu nggak perlu repot-repot membeli bibit ataupun pohonnya langsung dari pedagang tanaman. Meski mudah ditanam, tapi tanaman cabai berisiko terkena penyakit ataupun rusak karena hama, lho. Hama seperti bakteri, jamur, dan lainnya memang sangat menyukai pohon cabai.

Pengalaman seputar merawat tanaman cabai yang terserang hama sempat dibagikan oleh salah seorang warganet di akun YouTube Channel Nya Kang Japra. Umumnya, kebanyakan orang memanfaatkan bawang merah ataupun putih untuk membasmi hama pada tanaman cabai. Tetapi, berbeda dengan warganet akrab disapa Japra ini, ia punya satu bumbu dapur lain yang nggak kalah ampuh membasmi hama tanaman cabai.