Bukan pakai oli, ini trik atasi pintu geser yang macet pakai 1 bahan masakan

Brilio.net - Manusia membutuhkan pintu untuk akses keluar masuk di dalam sebuah ruangan. Selain itu, pintu juga berfungsi sebagai pembatas antar ruangan serta menjadi salah satu sumber sirkulasi udara dan cahaya.

Pintu biasanya terbuat dari beragam material, seperti kayu, aluminium, hingga dari bahan kaca. Selain bahannya yang beragam, model atau bentuk pintu juga kian bervariasi dan dapat disesuaikan dengan interior ruangan atau bangunannya. Kalau biasanya pintu didesain agar bisa dibuka ke dalam atau ke luar, kini banyak juga yang menggunakan sliding door atau pintu geser.

Pintu geser mulai banyak digunakan karena dapat menghemat ruang dan menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas, praktis, serta dapat membuat rumah atau ruangan jadi terkesan elegan dan minimalis. Tak hanya itu, pintu geser dari bahan kaca juga dapat membantu memaksimalkan pencahayaan di suatu ruangan.

Untuk membuat pintu geser, diperlukan jalur yang berfungsi sebagai rel untuk membuka dan menutup pintu. Di balik kelebihannya, pintu geser juga memiliki kekurangan. Jika pintu tidak dirawat dengan baik, celah rel akan dipenuhi debu dan kotoran.

Debu dan kotoran yang menempel pun akan membuat pintu geser menjadi macet dan susah dibuka atau ditutup. Nah, buat kamu yang mengalami masalah serupa, kamu bisa ikuti trik satu ini untuk membuat pintu geser di rumahmu auto lancar lagi. Seperti yang dilakukan oleh akun TikTok @yustinsean.

foto: TikTok/@yustinsean